Kamis, 04 Juli 2013

Presiden Dengan Rangkaian Prestasi Gemilang itu Di Kudeta Militer


Presiden Mesir, Muhammad Mursi (inet)

Presiden Mesir, Muhammad Mursi (inet)

dakwatuna.com - Tuntutan dari pihak oposisi dan sebagian rakyat Mesir untuk menggulingkan pemerintahan sah Presiden Muhammad Mursi berujung pada kudeta yang dilakukan Militer. Tidak sedikit pihak-pihak yang menentang keras kudeta militer tersebut, karena Mursi dinilai sebagai presiden yang membawa perubahan besar bagi negara dan rakyat Mesir. Baik di dalam negeri maupun di mata dunia internasional.
Mungkin sebagian rakyat Mesir lupa bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Mursi, sejumlah kebijakan dan prestasi telah berhasil ditorehkan. Bahkan pada 100 hari kepemimpinannya Mursi sudah mampu mengukir prestasi yang luar biasa.
Inilah prestasi Presiden Mursi di 100 hari kepemimpinannya:
  1. Minggu pertama, Mursi membebaskan wartawati Mesir yang ditahan di Sudan dan menjemputnya dengan pesawat kepresidenan.
  2. Pemecatan 70 Jenderal dan Kudeta dengan Cinta pada Marsekal Thantawi dan Anan, Panglima dan wakil Panglima militer.
  3. Penghapusan utang 40.000 petani yang memiliki utang di bawah 10.000 pounds (30 Juta) yang di masa Mubarak ditangkapi dan dijebloskan ke Penjara.
  4. Investasi 270 Milyar dollar yang ditanam di Mesir, hanya dalam 1 bulan Mursi berkuasa.
  5. Selama 100 hari ini, Mursi tidak menerima gaji selama menjadi Presiden.
  6. Moursi mengembalikan izzah Mesir dengan menguasai gurun Sinai yang di masa Mobarak, 70 % lalulintas udara dan darat dikuasai Israel.
  7. Mursi melakukan politik smart and cool dalam bersikap kepada Amerika dan Israel. Hingga PM Israel mengatakan, “Sikap Mursi jauh lebih berbahaya daripada Nuklir nya Iran”. Bahkan Obama menilai, “Hubungan AS dengan Mesir bukan hubungan sahabat bukan pula musuh.”
  8. Penjualan khamar dilarang, dan itu tidak mengganggu pariwisata Mesir.
  9. Penampilan di pantai dibatasi, hari Jumat diliburkan, dan turis wanita dan pria dipisahkan.
  10. Militer Mesir memang the real power, tapi semua di bawah komando Panglima Tertinggi. Pada 2 bulan Mursi berkuasa, 2 kapal selam ter canggih Jerman berhasil didatangkan walau di protes keras Israel.
  11. Kanal Suez diperlebar dan diperdalam, dan sekarang dikontrol sepenuhnya oleh Mesir setelah direktur Kanal Suez diganti yang sebelumnya di dikte Barat.
  12. PM Hiysam Qandil setiap Subuh memeriksa pabrik roti dan turun ke bawah, atas instruksi Presiden Mursi hal yang hanya terjadi di masa Kenabian dan Khulafaur-Rasyidin.
  13. Mursi memelopori pemisahan kepentingan antara kepentingan pribadi, keluarga, partai dengan kepentingan negara. Saat diundang Raja Saudi, keluarga Mursi dengan uang pribadinya menggunakan pesawat Egypt Air tidak menggunakan pesawat kepresidenan.
  14. Mursi adalah Presiden pertama dunia yang dengan tegas dan berani menekankan cinta Nabi dan cinta para sahabat di hadapan Khomeini dan pemimpin Syiah di Iran.
  15. Jika patokan nya adalah mengutip ayat Al-Qur’an dan Hadits, maka Mursi adalah Presiden pertama yang mengutip ayat-ayat Al-Quran dan Hadits di depan Sidang Umum PBB bulan lalu.
  16. Jika patokan nya adalah masalah protokoler, maka Mursi adalah Presiden yang membiarkan jalanan tetap lalu lalang saat ia melintas dan membiarkan masjid terbuka saat ia shalat.
  17. Di Mesir, masjid saat ini dibuka 24 jam untuk kepentingan jamaah setelah di Era Mobarak, masjid-masjid di Mesir ditutup 1 jam setelah shalat wajib.
  18. Di tataran regional, Mursi menggalang aliansi dengan Turki. Dalam benak kedua pemimpin ini, kehancuran Israel hanya tinggal waktu dan itu didahului dengan perubahan rezim-rezim antek2 AS baik di Teluk maupun di negara-negara TIMTENG lainnya.
  19. Untuk masalah Palestina, tidak ada pemimpin yang nyata-nyata mendukung perjuangan perlawanan selain Mursi. Perbatasan dibuka, hanya dalam 1 minggu Mursi berkuasa dan kemarin dengan Qatar sukses membentuk Zona Ekonomi untuk membangun kembali Gaza.
Masih banyak keberhasilan Mursi lainnya. Tak salah jika rakyat Mesir puas pada kepemimpinannya. Rakyat Mesir makin cinta kepada presidennya yang kata Ismail Haniyya punya kisah mirip Nabi Musa as. ini -sama-sama pernah di penjara baru jadi penguasa istana-. Pusat Riset Opini Publik (Bashira) mengadakan jajak pendapat kedua terhadap kinerja presiden Mursi setelah 80 hari masa jabatannya. Hasilnya, publik yang puas terhadap kinerja Mursi sebanyak 79%. Sisanya yang tidak puas 13%, dan 8% menyatakan ragu-ragu. Dukungan ini sudah melebihi raihan suaranya di Pemilu kemarin.
Dari fakta-fakta ini, sejauh ini Mursi adalah salah satu model pemimpin paling ideal untuk diteladani. Jadi bagaimana mungkin, seorang Presiden dengan kinerja luar biasa seperti itu tidak dicintai rakyatnya dan akhirnya digulingkan oleh kudeta Militer. (sbb/dakwatuna)
Redaktur: Saiful Bahri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar