Senin, 14 Mei 2012

Berita Singgalang | Nasional

26.000 Manuskrip Kuno RI Ada di Belanda

Tanggal 15 May 2012 

JAKARTA — Sekitar 26.000 manuskrip kuno Indonesia saat ini berada di Perpustakaan Universitas Leiden Belanda, kata Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sulasih.
“Jumlah manuskrip kuno Indonesia di luar negeri memang sangat banyak. Ang ka 26.000 itu belum ditam bah dokumen bersejarah lain yang ada di Inggris, Malaysia, dan negara-negara lain,” katanya, di Jakarta, Senin (14/5). Sementara manus krip kuno yang tersimpan di Per pustakaan Nasional ha nya berjumlah 10.300 atau tidak sampai setengah dari yang dimiliki Perpustakaan Universitas Leiden.
“Kami kesulitan untuk mengembalikan manuskrip-manuskrip di luar negeri ke Indonesia karena perpus takaan di luar negeri mem peroleh kertas bersejarah tersebut dengan membeli, artinya mereka sudah ber investasi,” katanya. Menurut dia, perpustaka an di Leiden hanya memberi Indonesia satu naskah tiruan, sedang kan naskah asli tetap di simpan di negeri kincir angin itu. aan Nasional juga terus berusaha mengumpulkan manuskrip bersejarah yang masih tercecer di dae rah-daerah. “Kami meminta per pus takaan daerah untuk me ngumpulkan catatan berseja rah, bahkan jika perlu mem belinya,” kata dia. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar