Mau Masuk Surga? Anda Wajib Meyakini Lima Prinsip Ini!
Oleh: Badrul Tamam
Al-Hamdulillah, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga terlimpah kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.
Setiap kita pastinya ingin masuk surga.
Hanya orang yang rusak akal dan fitrahnya yang siap masuk neraka.
Sedangkan untuk masuk surga ada syarat yang harus dipenuhi. Ada jalan
yang harus ditempuh. Ada pula I'tiqad dan amal yang harus dijalankan.
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah menjelaskan syarat-syarat dan jalan menuju surga. Di antara yang terdapat dalam hadits Ubadah bin Shamit Radhiyallahu 'Anhu yang mengatakan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
مَنْ
شَهِدَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ
مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ
وَرَسُولُهُ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ
وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ عَلَى
مَا كَانَ مِنْ الْعَمَلِ
"Barangsiapa bersyahadat (bersaksi)
bahwa tiada Ilah (Tuhan) yang berhak disembah kecuali Allah semata yang
tiada sekutu bagi-Nya, dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, dan
(bersyahadat) bahwa Isa adalah hamba Allah dan utusan-Nya, kalimat-Nya
yang disampaikan kepada Maryam dan ruh daripada-Nya; dan (bersyahadat)
pula bahwa surga benar adanya dan neraka benar adanya; pasti Allah
memasukkannya ke dalam surga betapapun amal yang telah diperbuatnya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Makna syahadat ialah: persaksian dengan
hati dan lisan dengan memahami maknanya dan mengamalkan tuntutannya
secara zahir dan batin. Sebuah persaksian tidak sah kecuali jika
bersumber dari ilmu (pengetahuan), keyakinan, ikhlas, dan jujur. Maka
siapa yang bersaksi dengan lima perkara di atas berarti ia berikrar
(mengucapkan)-nya dengan memahami maknanya, mengamalkan tuntutannya,
secara lahir dan batin. (Lihat: Fathul Majid: 51-51)
Makna Laa Ilaha Illallah
Kesaksian pertama yang disebutkan dalam
hadits di atas adalah bersyahadat Laa Ilaha Illallah. Maknanya bersaksi
bahwa tidak ada yang disembah dengan hak (benar) kecuali Allah. Karena ma'budat (sesembahan/yang diibadahi) itu ada dua; Pertama, disembah dengan benar, yaitu Allah Ta'ala. Kedua,
disembah dengan batil, yaitu setiap yang diibadahi selain Allah seperti
patung-patung, berhala, para wali, orang-orang shalih dan semisalnya.
Maka makna syahadat ini: mengucapkan
kalimat syahadat dengan mengetahui maknanya, benar-benar meyakininya,
dan mengamalkan tuntutannya. Maka siapa yang tidak mau mengucapkan Laa
Ilaha Illallah maka tidak dihukumi sebagai muslim, walaupun hatinya
benar-benar mengetahuinya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka mengucapkan Laa Ilaha Illallah . ."
Berucap dengan lisan saja juga belum
cukup, tapi ia harus meyakininya dengan hatinya. Siapa yang hatinya
tidak meyakini kalimat ini, ia bukan seorang muslim. Orang-orang
munafikin mengucapkan Laa Ilaha Illallah, tapi mereka tidak meyakini
maknanya. Mereka mengucapkannya atas kepentingan duniawi, karenanya
mereka berada di kerak neraka paling bawah.
Munafikin: mereka menampakkan Islamnya
dan menyembunyikan kekafirannya, di antara perbuatan mereka menghina
agama, Rasul, atau membenci Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan apa yang beliau bawa.
Syaikh Abdurrahman bin Hasan berkata:
"Siapa yang mengucapkan Laa Ilaha Illallah tanpa mengetahui maknanya,
tanpa meyakini dan mengamalkan tuntutannya: berupa sikap bara' (lepas
diri) dari kesyirikan, ikhlas dalam ucapan dan perbuatan, -ucapan hati
dan lisan, amal hati dan anggota badan,- maka ucapannya itu tidak
bermanfaat berdasarkan ijma' (kesepakatan ulama)." (Fath al-Majid: 51)
Kalimat, wahdahu (Dia semata) menguatkan penetapan ibadah kepada Allah. sementara Laa Syariikalah
(Tidak ada sekutu baginya) menguatkan peniadaan hak bermacam bentuk
ibadah kepada selain Allah. Sehingga ringkas dari kandungan persaksian
pertama dalam hadits ini, meniadakan peribadatan dari selain Allah dan
menetapkannya hanya untuk Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya.
Dan inilah isi Al-Qur'an dari awal sampai akhir, menjelaskan makna ini,
menetapkan dan mengajak kepadanya.
. . . Siapa yang mengucapkan Laa Ilaha Illallah tanpa mengetahui maknanya, tanpa meyakini dan mengamalkan tuntutannya, maka ucapannya itu tidak bermanfaat berdasarkan ijma' (kesepakatan ulama). . .
Makna Muhammad Abduhu wa Rasuluh
Menjadi hamba Allah dan Rasul-Nya merupakan sifat mulia yang dimiliki Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Bahwa beliau menjalankan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Beliau bukan sekutu bagi Allah. Tidak pula mengajak manusia untuk
beribadah kepadanya dan mengangkatnya sebagai Tuhan selain Allah.
Karenanya tidak boleh bersikap berlebihan kepada beliau dengan
mengangkatnya melebihi derajat kehambaannya kepada derajat tuhan.
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam
memang seorang hamba yang wajib beribadah kepada Tuhannya seperti yang
lainnya, namun beliau dimuliakan lebih tinggi atas manusia selainnya
dengan risalah. Allah memilihnya untuk menjadi utusan-Nya yang mengajak
manusia untuk beribadah kepada-Nya semata. Sehingga beliau tidak boleh
diremehkan, perkataanya tidak boleh didustakan, perintahnya tidak boleh
dikesampingkan, dan larangannya tidak boleh diterjang. Kehidupannya
menjadi teladan yang wajib diikuti. Siapa yang ingin dicintai oleh
Allah, ia harus mengikuti beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
Dalam Fathul Majid disebutkan,
"Syahadat Muhammad adalah utusan Allah menuntut iman kepadanya,
membenarkan kabar berita yang disampaikannya, mentaati apa yang beliau
perintahkan, meninggalkan apa yang beliau larang dan cela, dan tidak
mendahulukan perkataan siapapun atas perkataanya."
Makna Isa Adalah Hamba Allah dan Utusan-Nya
Kalimat Abdullah
(hamba Allah) adalah sebagai bantahan terhadap keyakinan Nasrani yang
meyakini Isa bukan hamba Allah tapi sebagai anak Allah, satu oknum dari
tiga tuhan (trinitas). Bahkan mereka sampai menyebut Isa adalah Allah
itu sendiri. Allah mengingkari keyakinan mereka dan menghukumi kafir
atasnya, "Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam"," (QS. Al-Maidah: 72), "Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga". (QS. Al-Maidah: 73).
Warasuluh (utusan-Nya) sebagai bantahan dan pengingkaran terhadap keyakinan Yahudi yang menentang risalah Nabi Isa 'alaihis salam,
mendustakannya, menghinanya sebagai anak zina, terus memusuhi dan
berusaha membunuhnya. Kemudian Allah menyelamatkannya dengan
mengangkatnya ke langit.
Dalam hadits ini dijelaskan hakikat Nabi Isa dan penciptaannya, keunikan dalam penciptaan beliau sebagai penciptaan Nabi Adam 'Alaihis Salam. Allah ciptakan dengan kalimatnya KUN
(jadilah), maka beliau ada tanpa seorang bapak. Karenanya Nabi Isa
disebut dengan kalimat karena Allah menciptakan Nabi Isa dengannya.
Allah Ta'ala berfirman,
إِنَّ مَثَلَ عِيسَى عِنْدَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
"Sesungguhnya misal (penciptaan)
Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan
Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang
manusia), maka jadilah dia." (QS. Ali Imran: 59) Maksudnya: Jika
kalian heran dengan penciptaan Isa, dia diciptakan dari seorang Ibu
tanpa bapak, ia diciptakan dengan kalimat KUN, lalu jadilah
ia, maka bagaimana kalian tidak lebih heran dengan penciptaan Adam yang
diciptakan tanpa perantara seorang bapak dan ibu?.
Kehidupan yang Allah berikan kepadanya sebagaimana ruh-ruh bani Adam yang lain. Maknanya bukan dalam diri beliau 'Alaihis Salam
bersarang ruh dari Dzat Allah Ta'ala, Maha suci Allah dari memiliki
sekutu. Dikhususkan penyebutannya di sini karena beliau diciptakan
tanpa perantara bapak. Ini terjadi dengan kuasa Allah 'Azza wa Jalla, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Makna Surga dan Neraka Benar Adanya
Dia juga bersaksi bahwa surga adalah
negeri orang-orang bertakwa, sementara neraka sebagai tempat tinggal
orang-orang kafir. Keduanya benar-benar ada. Keduanya sudah diciptakan
dan sudah ada. Keduanya kekal dan tidak akan hilang untuk
selama-lamanya.
Ibnul Qayim menjelaskan, bahwa surga
dan neraka adalah negeri balasan pada hari kiamat. Negeri yang tak akan
binasa dan hancur untuk selama-lamanya. Jika seseorang beriman dengan
dua negeri ini maka akan mendorongnya beramal shalih dan bertaubat dari
dosa. Sementara yang tidak beriman kepada akhirat, ia akan berbuat
semaunya sesuai keinginan syahwatnya, ia tidak mengintrsopeksi diri
mereka sendiri sebagaimana yang Allah kabarkan tentang kaum zalimin dan
kafirin. Allah Ta'ala berfirman,
أَيَعِدُكُمْ أَنَّكُمْ إِذَا مِتُّمْ
وَكُنْتُمْ تُرَابًا وَعِظَامًا أَنَّكُمْ مُخْرَجُونَ هَيْهَاتَ
هَيْهَاتَ لِمَا تُوعَدُونَ إِنْ هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا
نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوثِينَ
"Apakah ia menjanjikan kepada kamu
sekalian, bahwa bila kamu telah mati dan telah menjadi tanah dan tulang
belulang, kamu sesungguhnya akan dikeluarkan (dari kuburmu)?,jauh, jauh
sekali (dari kebenaran) apa yang diancamkan kepada kamu itu, kehidupan
itu tidak lain hanyalah kehidupan kita di dunia ini, kita mati dan kita
hidup dan sekali-kali tidak akan dibangkitkan lagi." (QS. Al-Mukminun: 35-37)
. . . Jika seseorang beriman dengan dua negeri ini maka akan mendorongnya beramal shalih dan bertaubat dari dosa. Sementara yang tidak beriman kepada akhirat, ia akan berbuat semaunya sesuai keinginan syahwatnya . . .
Balasan Untuk Lima Kesaksian di Atas
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam
mengabarkan bagi siapa yang bersaksi dengan benar terhadap lima perkara
yang telah disebutkan maka Allah pasti memasukkannya ke dalam surga
seberapa amal yang diperbuatnya.
أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنْ الْعَمَلِ
"Pasti Allah memasukkannya ke dalam surga betapapun amal yang telah diperbuatnya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Dalam riwayat lain berbunyi, "Allah pasti memasukkannya ke dalam surga dari pintu surga mana saja yang dia kehendaki."
Para ulama menjelaskan tentang makna balasan baik di atas dalam dua pendapat: Pertama,
Allah pasti memasukkannya ke dalam surga walaupun di antara amalnya ada
yang baik dan yang buruk. Karena ahli tauhid pasti akan dimasukkan ke
dalam surga, hanya saja dia bisa dimasukkan segera atau diakhirkan
setelah sebelumnya dibersihkan dosa-dosanya di neraka. Semua ini
menunjukkan keutamaan tauhid dan ia menghapuskan dosa-dosa.
. . . ahli tauhid pasti akan dimasukkan ke dalam surga, hanya saja dia bisa dimasukkan segera atau diakhirkan setelah sebelumnya dibersihkan dosa-dosanya di neraka. . .
Kedua, Allah pasti
memasukkanya ke dalam surga sesuai dengan amalnya. Karena sesungguhnya
penghuni surga itu berbeda-beda atau bertingkat-tingkat tergantung
sedikit dan banyaknya amal mereka. Amal penghuni surga saat di dunia
berbeda-beda sehingga di akhirat mereka juga bertingkat-tingkat.
Sebagiannya lebih tinggi daripada yang lain sesuai dengan kadar amal
mereka.
Sesungguhnya surga itu
bertingkat-tingkat, sebagiannya lebih tinggai daripada yang lainnya.
Neraka juga demikian, sebagiannya lebih rendah daripada yang lainnya.
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Sesungguhnya
di surga ada seratus derajat (tingkatan), jarak antara satu derajat
dengan satunya seperti jarak antara langit dan bumi yang semua itu
disediakan bagi para mujahidin (orang-orang yang berjihad) di jalan-Nya." (HR. al-Bukhari) Wallahu Ta'ala A'lam. [PurWD/voa-islam.com]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar