Rabu, 31 Oktober 2012

Orang Hina Di Sisi ALLAH SWT : Mustafa Kemal Atatürk

Orang Hina Di Sisi ALLAH SWT : Mustafa Kemal Atatürk



Mustafa Kemal Atatürk 1881-10 November 1938 adalah pengasas Republik Turki . Beliau merupakan pegawai tentera, pemimpin revolusi, negarawan dan presiden Turki yang pertama.
Beliau adalah komander tentera yang berjaya dan berkhidmar sebagai panglima tentera semasa Pertempuran Gallipoli iaitu ketika Perang Dunia I. Angkatan tentera pimpinan beliau berjaya merampas kembali wilayah Anatolia dan Palestin . Ketika itu Empayar Ottoman / Uthmaniyah sedang dikoyak-koyak oleh Tentera Bersekutu. Mujurlah Mustafa Kemal telah memimpin pergerakan kebangsaan Turki menghadapi Perang Kemerdekaan Turki.
Beliau telah memindahkan ibu negara Turki dari Istanbul ke Angora yang kini dikenali sebagai Ankara.
Mustafa Kemal telah membentuk semula aspek kehidupan rakyat Turki agar sesuai dengan tuntutan semasa yang kemudian dipangil ideologi Kemalist. Ideologi ini bertujuan menyediakan Turki ke arah negara moden, demokratik dan negara sekular , positif dan bertindak rasional.
Beliau memerintah dari tahun 1918 hingga 1934. Beliau adalah seorang negarawan yang berkebolehan dalam bidang politik. Memeperkenalkan sistem politik sekularisme, beliau ‘berjaya’ meruntuhkan empayar Turki Uthmaniyyah. Mustafa Kamal Ataturk meninggal dunia pada tahun 1938 dan telah dikebumikan di sebuah makam di Ankara iaitu ibu negaranya.

Dosa Mustafa Kemal

1. Membolehkan perempuan memakai tudung dengan syarat pakai skirt/ROK.
2. Membolehkan lelaki memakai seluar panjang dengan syarat pakai tali leher dan topi (sesuai dengan kehendak barat)

3. Menyuruh wanita dan lelaki menari di khalayak ramai. Beliau sendiri pernah menari dengan seorang wanita di sebuah parti umum yang pertama di Ankara.

4. Beliau pernah menegaskan bahawa “negara tidak akan maju kalau rakyatnya tidak cenderung kepada pakaian moden”
5. Menggalakkan minum arak secara terbuka.

6. Mengarahkan Al-Quran dicetak dalam bahasa Turki

7. Menukar azan ke dalam bahasa Turki. Bahasa Turki sendiri diubah dengan membuang unsur-unsur Arab dan Parsi.
8. Mengambil arkitek-arkitek dari luar negara untuk memodenkan Turki. Hakikatnya mereka diarah mengukir patung-patung dan tugu-tugunya diseluruh bandar Turki.
9. Satu ucapan beliau di bandar Belikesir di mana beliau dengan terang-terangannya mengatakan bahawa agama harus dipisahkan dengan urusan harian dan perlu dihapuskan untuk kemajuan.
10. Agama Islam juga dibuang sebagai Agama Rasmi negara.

11. Menyerang Islam secara terbuka dan terang-terangan

12. Menggubal undang-undang perkahwinan berdaftar berdasarkan undang-undang barat.
13. Menukar Masjid Ayasophia kepada muzium, ada sesetengah masjid dijadikan gereja.
14. Menutup masjid serta melarang dari bersembahyang berjemaah.
15. Menghapuskan Kementerian Wakaf dan membiarkan anak-anak yatim dan fakir miskin.

16. Membatalkan undang-undang waris,faraid secara islam

17. Menghapus penggunaan kalendar Islam dan menukarkan huruf Arab kepada huruf Latin.
18. Mengganggap dirinya tuhan sama seperti firaun. Berlaku peristiwa apabila salah seorang askarnya ditanya “siapa tuhan dan dimana tuhan tinggal?” oleh kerana takut, askar tersebut menjawab ‘Kamal Atartuk adalah tuhan” beliau tersenyum dan bangga dengan jawapan yang diberikan oleh askar itu.


KEMATIAN KAMAL ATARTUK YANG MENYEKSAKAN

Di saat kematiannya, Allah telah datangkan beberapa penyakit kepada beliau sehingga beliau rasa terseksa dan tak dapat menanggung seksaan dan azab yang Allah berikan di dunia.
Antaranya ialah: 1. Didatangkan penyakit kulit hingga ke kaki di mana beliau merasa gatal-gatal seluruh badan.
2. Sakit jantung
3. Penyakit darah tinggi
4. Panas sepanjang masa, tidak pernah merasa sejuk sehingga terpaksa diarahkan kepada bomba untuk menyiram rumahnya 24jam. Pembantu-pembantunya juga diarahkan untuk meletak ketulan-ketulan ais di dalam selimut untuk menyejukkan beliau.
Maha suci Allah, buat macam mana pun rasa panas tak hilang-hilang.Oleh kerana tidak tahan dengan kepanasan yang ditanggung, beliau menjerit sehingga seluruh istana mendengar jeritan itu. Oleh kerana tidak tahan mendengar jeritan, mereka-mereka yang bertanggung jawab telah menghantar beliau ke tengah lautan dan diletakkan dalam bot dengan harapan beliau akan merasa sejuk.
Allah itu Maha Besar, panasnya tak juga hilang! Pada 26 september 1938, beliau pengsan selama 48 jam disebabkan terlalu panas lalu dia sedar selepas itu tetapi beliau hilang ingatan.
Pada 9 November 1938, beliau pengsan sekali lagi selama 36 jam dan akhirnya meninggal dunia. Sewaktu beliau meninggal, tidak seorang pun yang memandi, mengkafan dan menyembahyangkan mayat beliau. Mayat ini diawetkan selama 9 hari 9 malam, sehingga adik perempuan beliau datang meminta ulama-ulama Turkimemandikan, mengkafankan dan menyembahyangkannya.
Tidak cukup dari itu, Allah tunjukkan lagi balasan azab ketika mayatnya di bawa ke tanah perkuburan. Bila mayatnya hendak ditanam, tanah tidak menerimanya(susah jenazahnya hendak masuk ke liang lahad). Disebabkan putus asa, mayatnya diawetkan sekali lagi dan dimasukkan ke alam muzium yang diberi nama EtnaGrafi di Ankara selama 15 tahun (sehingga tahun 1953).
Selepas 15 tahun mayatnya hendak ditanam semula, tapi Allah Maha Agung, bumi sekali lagi tak menerimanya. Habis ikhtiar, mayatnya dibawa pula ke satu bukit ditanam dalam satu binaan marmar beratnya 44 ton. Mayatnya ditanam di celah-celah batu marmar.

Apa yang menyedihkan, ulama-ulama sezaman dengan Kamal Atartuk telah mengatakan bahawa “jangan kata bumi Turki, seluruh bumi Allah ini tidak menerima Kamal Atartuk!” Hanya Allah sahaja yang Maha Mengetahui.

PKI: Fakta sejarah pemberontakan PKI di madiun


Judul :PKI: Fakta sejarah pemberontakan PKI di madiun. 
 
Kedatangan MUSO
Tahun 1948 merupakan tahun perjuangan terberat bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaannya. Kesatuan dan persatuan yang sangat diperlukan menghadapi Belanda mendapatkan tikaman dari belakang. Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun September 1948 dilancarkan ketika Indonesia sedang bersiap menghadapi agresi Belanda yang bermaksud menguasai daerah RI yang masih tersisa di Jawa dan Sumatera.

Persetujuan Renville 17 Januari 1948 memicu krisis politik. PM Amir Syarifudin dan kabinetnya dianggap tidak becus. Pada 23 Januari 1948, Presiden Soekarno membubarkan kabinet dan menunjuk Wakil Presiden Mohammad Hatta membentuk kabinet. Sayap kiri membentuk Front Demokrasi Rakyat (FDR) dan Amir Syarifudin dipilih menjadi ketuanya. FDR yang beroposisi terhadap pemerintah Hatta antara lain menuntut politik berunding dihentikan sampai Belanda menarik diri secara keseluruhan dari Indonesia.



Di tahun 1948 itu, Angkatan Perang RI (dan pegawai negeri) melakukan Reorganisasi dan Rasionalisasi (ReRa). Kebijakan yang digariskan Kabinet Hatta adalah menyusun tentara yang lebih efisien dan berada di bawah satu komando, dan menjadikannya alat negara yang tangguh terhadap agitasi politik dari luar. Hatta ingin memotong garis politik kelompok FDR. ReRa Angkatan Perang berhasil memperkecil jumlah TNI, dari tujuh divisi menjadi empat, tapi daya tempurnya lebih baik.

Perang Gerilya Semesta 

Dengan ReRa ini, TNI-Masyarakat yang dibangun Amir Syarifudin ketika ia masih menjabat Menteri Pertahanan dan Perdana Menteri, dibubarkan. TNI-Masyarakat ini merupakan tandingan bagi TNI yang semula hanya merupakan Biro Perjuangan di Kementerian Pertahanan. Biro ini dan TNI-Masyarakatnya didominasi perwira-perwira yang berhaluan komunis. Kesatuan-kesatuan yang dipengaruhinya dan sempat dilengkapi persenjataan terbaik ini diharapkan menjadi andalan kekuasaan politik sayap kiri itu. Setelah dibubarkan pada 29 Mei 1948, kesatuan ex TNI-Masyarakat dilebur ke dalam Divisi-Divisi TNI, pada Kesatuan Reserve Umum (KRU), sebagai kekuatan cadangan strategis RI.

Rekonstruksi juga diadakan dengan peran strategis TNI untuk menghadapi agresi militer Belanda. Strateginya diubah, tidak lagi menggunakan konsep perang yang lama. Konsep lama yang konvensional menjadikan pengalaman pahit bagi TNI yang dipukul telak oleh Belanda. Dengan konsep yang baru, serangan musuh tidak akan lagi dihadapi langsung secara mati-matian.


Perlawanan awal TNI dilakukan sebagai penghambat guna memberi peluang induk kekuatan TNI dan unsur-unsur pemerintah melakukan persiapan di daerah perlawanan-wehrkreise untuk melancarkan perang wilayah. Akan digelar perang gerilya semesta di seluruh pulau Jawa dan di wilayah yang luas di Sumatera untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Divisi Siliwangi ditugaskan melancarkan infiltrasi jarak jauh kembali ke daerah juang asalnya, berperang gerilya bersama rakyat.


Muso Datang

Pada 11 Augustus 1948, Muso, tokoh komunis Indonesia pulang dari Moskow. Dalam pertemuan 13 Agustus 1948 dengan Presiden Soekarno, ketika kepadanya diminta untuk memperkuat perjuangan revolusi, Muso menjawab dengan singkat: Saya datang untuk menertibkan keadaan. Ternyata, yang dimaksudkannya untuk kepentingan FDR/PKI.

Kehadiran Muso mempunyai arti politis bagi gerakan komunis di Indonesia. Ia membawa “garis komunis internasional ortodoks“ ialah garis keras Zhadanov. Di tahun 1947, gerakan komunis internasional (Komintern) berubah haluan dan menempuh garis keras. Garis lunak Dimitrov yang dilakoni sejak 1935 yaitu bekerja sama dengan kapitalis untuk melawan fasisme sudah dikesampingkan.

Komintern diubah namanya menjadi Kominform (komunis reformasi). Angin perubahan dari Moskow ini yang dibawa Muso ke Indonesia. Ia ingin merombak organisasi yang dinilainya kurang revolusioner dan radikal. Dalam konferensi PKI pada 26-27 Augustus 1948, ia mengungkapkan garis Kominform yang telah berubah seraya mengajukan rencana-rencana baru yang dituangkannya di thesisnya: ”Jalan Baru untuk Republik Indonesia”.

Reformasi sosial yang dianjurkan tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dicanangkan FDR. Platform baru Muso adalah; ”harusnya perjuangan anti-imperialis Indonesia bersatu dengan Soviet Unie yang memelopori perjuangan melawan blok imperialis pimpinan Amerika Serikat”. Ia juga mendesak PKI, Partai Buruh terbesar, memegang pimpinan revolusi nasional.


Pada 31 Agustus 1948 PKI membuat perubahan drastis. FDR dibubarkan. Partai Buruh dan Partai Sosialis berfusi ke PKI. Disusun Polit Biro baru, Muso menjadi salah satu Sekjen. PKI yang semula beranggotakan 3.000 orang, menjadi 30 ribu orang. Organisasi massa (ormas) PKI kemudian merencanakan kongres koreksi dan merancang trace baru, jalur radikal dan keras.


Tanggal 13 September pecah peristiwa Solo, yakni tawuran antara pasukan Siliwangi (kesatuan reserve umum TNI) dengan pasukan TNI setempat dari Komando Pertempuran Panembahan Senopati yang telah diinfiltrasi FDR/PKI. Dalam rencana FDR/ PKI yang tertuang dalam dokumen “Menginjak Perjuangan Militer Baru”, kota Solo hendak dijadikan ”Wild West”, untuk menyesatkan perhatian atas rencana militer besar yang sebenarnya. Tetapi provokasi PKI ini dapat diatasi pasukan-pasukan yang setia kepada pemerintah


Belanda Memperkeruh suasana


Pada 18 September 1948 pagi, Soemarsono selaku Gubernur Militer (PKI) dan atas nama pemerintah Front Nasional setempat, memproklamasikan tidak terikat lagi kepada RI pimpinan Soekarno-Hatta, dan memaklumkan pemerintah Front Nasional. Kekuatan militer PKI untuk melakukan makar adalah kesatuan-kesatuan Brigade XXIX eks Pesindo, pimpinan Kolonel Dachlan. Mereka bersenjata lengkap dan berpengalaman tempur.


Dari Madiun PKI menabuh genderang perang menantang RI. Dari Yogyakarta, pada 19 September jam 22:00, Presiden Soekarno berpidato keras antara lain: “….. Kemarin pagi Muso mengadakan kup dan mendirikan suatu pemerintahan Soviet di bawah pimpinan Muso. Perampasan kekua-saan ini dipandang sebagai permulaan untuk merebut seluruh pemerintahan RI. Ternyata peristiwa Solo dan Madiun tidak berdiri sendiri-sendiri, melainkan satu rantai-tindakan untuk merobohkan pemerintah RI”


“…… Bantulah pemerintah, bantulah alat-alat pemerintah dengan sepenuh tenaga, untuk memberantas semua bentuk pemberontakan dan mengembalikan pemerintahan yang sah di daerah yang bersangkutan. Rebut kembali Madiun, Madiun harus segera di tangan kita kembali….”


Pada 20 September 1948 diadakan sidang Dewan Siasat Militer dipimpin PM/Menteri Pertahanan Hatta. Apabila tidak diadakan tindakan cepat menumpas PKI, Belanda akan melakukan intervensi. Angkatan Perang harus secepatnya merebut Madiun kembali. Kolonel A.H. Nasution sebagai kepala staf Operasi MBAP menyanggupi merebut kembali Madiun dalam waktu dua minggu.


Ancaman Belanda 

Tantangan lain yang masih harus dihadapi RI pada September 1948 adalah ancaman agresi Militer Belanda. Perundingan diplomatik seusai Renville tidak berjalan lancar. Letjen Spoor, Panglima tentara Belanda yang meragukan penyelesaian sengketa Indonesia-Belanda melalui perundingan, sejak Februari telah merencanakan operasi militernya yang sewaktu-waktu dapat digerakkan untuk menuntaskan masalah secara militer once for all.

Rencana strategi yang dinilainya berhasil memenangkan agresi militer pertama (1947) disiapkan lagi, kali ini diberi sandi : “Operatie Kraai”.


Kekacauan di wilayah RI dan adanya pemberontakan PKI di Madiun dinilainya peluang strategis untuk melancarkan operasi militer besar: memadamkan pemberontakan komunis sekalian menamatkan riwayat RI.

Bila di Yogyakarta diadakan sidang Dewan Siasat Militer dipimpin PM Hatta untuk menumpas pemberontakan PKI-Muso, maka pada tanggal yang sama di Jakarta diadakan perundingan para pemimpin politik dan militer Belanda, dipimpin wakil wali negara, Abdulkadir Widjojoatmodjo.
Usul Jenderal Spoor untuk mempercepat agresi militer, disetujui. Diputuskan oleh sidang agar Abdulkadir minta izin kepada Pemerintah Pusat Belanda, agar diberi kuasa untuk segera bertindak, melancarkan operasi “Kraai”.

Ternyata Belanda urung melancarkan operasi militernya. Ini bukan karena Kabinet Belanda tidak merestui, tapi karena kalah cepat dengan operasi TNI. RRI Yogyakarta menyiarkan Brigade II Siliwangi dipimpin Letnan Kolonel Sadikin tanggal 30 September 1948 jam 04:00 petang membebaskan Madiun.

Ini berarti kurang dari dua minggu dari rencana operasi yang bergerak 21 September 1948 itu. Tidak selang lama di Madiun bergabung pula Brigade S pimpinan Letkol Surahmat dari Komando Tempur Djawa Timur. Operasi militer selanjutnya membebaskan kabupaten-kabupaten yang dikuasai PKI, yaitu Ponorogo, Magetan, Pacitan.

Gerakan PKI Dipadamkan 

Pada akhir bulan Nopember 1948, seluruh operasi penumpasan PKI termasuk daerah-daerah sebelah utara Surakarta yaitu Purwodadi, Cepu, Blora, Pati, Kudus, dan lain-lain, selesai. Gerakan PKI dipadamkan dalam tempo 65 hari.

TNI melaksanakan konsolidasi, mempersiapkan diri menghadapi agresi Belanda. Sejarah mencatat, TNI tidak punya cukup waktu untuk melakukan konsolidasi dan mempersiapkan diri menghadapi agresi militer Belanda.


Tanggal 19 Desember 1948, Belanda kembali melancarkan agresi militer. Kali ini serangan kilat ditujukan langsung ke Ibu Kota RI Yogyakarta. Dalam waktu singkat Belanda menduduki kota-kota penting yang masih tersisa di wilayah RI. Pimpinan-pimpinan politik RI ditawan, tetapi mereka tidak berhasil menangkap pimpinan TNI.


TNI tetap utuh dan tidak bisa dihancurkan, karena pasukan TNI segera menyebar di daerah-daerah pengunduran yang luas (sesuai rencana strategi pertahanan yang telah digariskan dalam perintah siasat Panglima Sudirman). Belanda memaksa TNI melakukan perlawanan gerilya, suatu cara peperangan yang sangat sesuai bagi TNI.


Bila Belanda melancarkan strategi perangnya untuk menghancurkan, dengan tujuan untuk meniadakan/memusnahkan RI, yang dalam istilah Carl von Clausewitch Niederwerfungs-strategie, maka ia dihadapi oleh TNI dengan perang gerilya/bersama rakyat, yang berjangka waktu panjang dan menjemukan, yang menurut teori Hans Delbruck sebagai Ermattungskrieg.

Belanda diganggu terus menerus oleh pertempuran hit and run, dan diselingi perang diplomasi, yang menekan syaraf dan melelahkan.



Oleh ,Himawan Soetanto


Penulis adalah master ilmu sejarah UI. Pernah jadi Panglima Kostrad dan Pangdam III/Siliwangi. Tulisan di atas adalah cuplikan dari bukunya yang akan terbit, “Yogyakarta”.

PKI: Sejarah Kelam Pemberontakan PKI di Madiun


Judul :PKI: Sejarah Kelam Pemberontakan PKI di Madiun.


Tak dapat dipungkiri, musuh utama PKI adalah umat Islam, terutama para kyainya. Kyai dianggap sebagai musuh karena memiliki ribuan pengikut (jamaah) yang setia.

Salah satu unsur umat Islam yang juga paling dibenci PKI adalah Masyumi. Hal ini diungkapkan oleh KH Roqib, salah seorang korban kebiadaban PKI Madiun 1948 yang masih hidup. Kini KH Roqib adalah imam besar Masjid Jami’ Baitussalam Magetan.


Sebagai salah seorang kyai yang juga tokoh Masyumi, Roqib pun menjadi sasaran yang harus dilenyapkan. Dia diculik PKI sekitar pukul 03.00 dini hari pada tanggal 18 September 1948, tak lama setelah PKI merebut kota Madiun. Sebanyak 12 orang anggota PKI berpakaian hitam dengan ikat kepala merah menciduk Roqib di rumah kediamannya di kampung Kauman, Magetan. Dini hari itu juga dia dibawa ke Desa Waringin Agung dan disekap di sebuah rumah warga.


Di sebuah dusun bernama Dadapan yang termasuk dalam wilayah Desa Bangsri Roqib diseret oleh beberapa orang ke sebuah lubang di tengah ladang. Ketika akan disembelih di depan lubang, tiba-tiba Rokib mengingat pelajaran pencak silat yang diperolehnya. Seketika itu dia menghentakkan kakinya dan meloncat lari ke kebun singkong.


Begitu lolos, Rokib bersembunyi diantara rerimbunan semak belukar hingga siang hari. Naas, siang itu pula dia ditemukan kembali oleh anggota PKI yang mengejarnya. Rokib pun tertangkap dan diikat lagi, lalu disiksa sepanjang jalan dari Desa Bangsri hingga pabrik gula Gorang-gareng.


Di pabrik gula Gorang-gareng, Rokib disekap dalam sebuah loji (rumah-rumah besar untuk asrama karyawan). Di dalam loji terdapat banyak kamar dengan berbagai ukuran.


“Ketika saya datang ke loji itu, kamar-kamarnya sudah penuh dengan tawanan. Satu kamar ukuran 3 x 4 meter diisi kurang lebih 40-45 orang. Bersama 17 orang lainnya, saya dimasukkan ke dalam salah satu kamar yang terdapat di ujung loji,” tutur Rokib.


PKI kemudian menembaki loji tempat Rokib dan tawanan lainnya disekap lebih dari satu jam lamanya. Tubuh-tubuh yang terkena peluru langsung terkapar di lantai bersimbah darah. PKI tidak mempedulikan teriakan histeris para korban yang terkena peluru. Mereka terus saja melakukan tembakan. Diantara belasan orang yang ada di dalam loji, hanya Rokib dan Salis, serta seorang tentara bernama Kafrawi, yang selamat.


Menurut guru ngaji ini, setiap habis menembak, pistol yang digunakan PKI itu tidak bisa menembak lagi, tapi harus dikokang dulu. “Saya bisa selamat dari tembakan karena memperhitungkan jeda waktu antara tiap tembakan sambil bersembunyi di bawah jendela. Kalau tanpa pertolongan Allah, tidak mungkin saya selamat,” kata Rokib getir.


Beberapa saat kemudian tentara Siliwangi datang menjebol pintu loji dengan linggis. Suasana sudah mulai sepi karena PKI telah melarikan diri, takut akan kedatangan pasukan Siliwangi. “Ruangan tempat saya disekap itu benar-benar banjir darah. Ketika roboh dijebol dan jatuh ke lantai, pintu itu mengapung di atas genangan darah. Padahal, ketebalannya sekitar 4 cm. Darah yang membanjiri ruangan mencapai mata kaki,” tutur Rokib.


Selain KH Roqib, terdapat beberapa ulama dan pimpinan pesantren di sekitar Magetan dan Madiun yang jadi korban kebiadaban PKI. Diantaranya adalah KH Soelaiman Zuhdi Affandi (Pimpinan Pesantren Ath-Thohirin, Mojopurno), KH Imam Mursjid (Pimpinan Pesantren Sabilil Muttaqin, Takeran), KH Imam Shofwan (Pimpinan Pesantren Thoriqussu’ada, Rejosari Madiun), serta beberapa kyai lainnya.


Pesantren Ath-Thohirin yang diasuh oleh KH Soelaiman Zuhdi Affandi terletak di Desa Selopuro, Magetan. Pesantren yang mengajarkan ilmu thariqat ini sejak zaman penjahan Belanda maupun Jepang, telah menjadi pusat gerakan perlawanan. Di pesantren inilah para generasi muda disiapkan dan dilatih perang oleh Soelaiman. Soelaiman gugur menjadi korban keganasan PKI pada pemberontakan tahun 1948, mayatnya ditemukan di sumur tua Desa Soco.


Menurut R Bustomi Jauhari, cucu KH Soelaiman Zuhdi Affandi yang kini menjadi pimpinan Pesantren Ath-Thohirin, KH Soelaiman tertangkap pada waktu itu karena santrinya sendiri yang menjadi mata-mata PKI.. Kemana pun sang kiai pergi, PKI pasti tahu. “Keluarga besar kami sangat berduka atas kematian kakek. Dari seluruh keluarga kami ada sebelas orang yang dibunuh PKI. Dan kebanyakan mereka adalah kiai,” ujar Bustomi.


Penangkapan KH Soelaiman Affandi terjadi dua hari setelah PKI mengkudeta pemerintahan yang sah, tepatnya pada tanggal 20 September 1948. Ketika itu Soelaiman sedang bertandang ke Desa Kebonagung kemudian diculik.


Setelah ditahan di penjara Magetan selama empat hari, KH Soelaiman beserta tawanan lainnnya, diangkut dengan gerbong kereta lori ke loji Pabrik Gula Rejosari di Gorang-gareng. Dari Gorang-gareng, para tawanan ini kembali diangkut dengan lori menuju Desa Soco dan dihabisi di sana.


Salah seorang menantu KH Soelaiman Affandi bernama Surono yang juga dibawa lori ke Desa Soco termasuk orang yang mengetahui bagaimana kejamnya PKI dalam menyiksa dan membunuh Kiai Soelaiman di sumur tua desa Soco.


Menurut Surono, sebagaimana dituturkan Bustomi, PKI berulang kali menembak Kiai Soelaiman, namun tidak mempan. Begitu pula ketika dibacok pedang, Kiai Soelaiman hanya diam saja, lecet pun tidak. Setelah putus asa, algojo PKI akhirnya membawa Soelaiman ke bibir sumur lalu menendang punggungnya dari belakang. Tubuh Soelaiman yang tinggi besar itu terjerembab di atas lubang sumur yang tidak seberapa lebar.


Anggota PKI kemudian memasukkan tubuh Kyai Soelaiman secara paksa ke dalam sumur. Begitu menimpa dasar sumur, Kiai Soelaiman berteriak lantang menyebut asma Allah, “laa ilaaha illallah, kafir laknatullah,” secara berulang-ulang dengan nada keras. “Teriakan itu membuat PKI kian kalap dan melempari Soelaiman dengan batu,” tutur Surono.


Surono yang akan dibunuh namun ditunda terus karena dianggap paling muda, akhirnya tercecer di barisan belakang. Setelah kelelahan mengeksekusi puluhan orang dalam sumur tua itu, algojo PKI menyerahkan Surono kepada salah seorang anggota PKI yang lain.


Tak dinyana, ternyata anggota PKI yang akan membunuh Surono itu adalah temannya semasa sekolah dulu. Oleh temannya, Surono dibawa ke tempat gelap lalu dilepaskan. Setelah bebas, Surono kembali ke Mojopurno dan melaporkan kejadian yang dia alami kepada keluarga besar KH Soelaiman Affandi.


Salah satu ulama yang juga pimpinan pesantren yang menjadi musuh utama PKI pada waktu itu adalah KH Imam Mursjid, pimpinan Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM) Takeran, Magetan. Sebagai pesantren yang berwibawa di kawasan Magetan, tak heran jika PKI, segera mengincar dan menculik pimpinannya bersamaan dengan dideklarasikannya Republik Soviet Indonesia di Madiun.


Selain sebagai pimpinan pesantren, KH Imam Mursjid juga dikenal sebagai imam Thariqah Syatariyah. Selain itu PSM juga menggembleng para santri dengan latihan kanuragan dan spiritual.


Pada 18 September 1948, tepatnya seusai shalat Jumat, KH Imam Mursjid didatangi tokoh-tokoh PKI. Salah seorang tokoh PKI itu bernama Suhud yang mengajak Kiai Mursjid keluar dari mushola kecil di sisi rumah seorang warga pesantren bernama Kamil. Imam Mursjid akan diajak bermusyawarah mengenai Republik Soviet Indonesia. Kepergian KH Imam Mursjid bersama orang-orang PKI itu tentu saja merisaukan warga pesantren. Menurut mereka, Kiai Imam Mursjid tidak akan menurut begitu saja diajak berunding oleh PKI.


Di depan pendapa pesantren, KH Imam Mursjid dinaikkan ke atas mobil. Mobil itu pun melaju meninggalkan PSM diiringi kecemasan para santri dan warga pesantren yang lain. Kepergian KH Mursjid yang begitu mudah itu bukannya tanpa alasan. PSM telah dikepung oleh ratusan tentara PKI. Bisa jadi Kiai Mursjid tidak mau mengorbankan santrinya dan warga pesantren sehingga memilih mau ‘berunding’ dengan PKI.


Ternyata, kepergian Kiai Mursjid itu adalah untuk selama-lamanya, ia tidak pernah kembali lagi ke pesantrennya. Begitu terjadi pembongkaran lubang-lubang pembantaian PKI di sumur Desa Soco maupun di beberapa tempat lainnya, mayat Kiai Mursjid tidak ditemukan.


Dari daftar korban yang dibuat PKI sendiri pun, nama Kiai Mursjid tidak tercantum sebagai korban yang telah dibunuh. Tak heran, jika santri dan warga PSM masih percaya bahwa KH Imam Mursjid masih hidup hingga saat ini, namun entah berada dimana.


Ulama atau pimpinan pesantren yang menjadi korban keganasan PKI di Madiun adalah KH Imam Shofwan, pimpinan Pondok Pesantren Thoriqussu’ada, Desa Selopuro, Kecamatan Kebonsari. Salah seorang putra KH Imam Shofwan bernama KH Muthi’ Shofwan yang kini mengasuh Pesantren Thoriqussu’ada mengungkapkan, ayahnya ditangkap PKI bersama dengan dua orang kakaknya, yakni KH Zubeir dan KH Bawani.


Penangkapan itu terjadi sehari setelah kepulangan Muthi’ Shofwan dari rumah kosnya di Madiun. Sebagai murid salah satu SMP di Madiun, Muthi’ tiap minggu pulang ke Selopuro, biasanya tiap hari Kamis malam Jumat. “Ketika tiba di rumah pada waktu itu, ayah saya (KH Imam Shofwan) beserta dua kakak saya telah ditangkap oleh PKI. Ibu saya bilang bahwa ayahmu pergi dibawa orang naik dokar,” tutur KH Muthi’ mengingat kejadian itu.


Beberapa hari kemudian dia mendengar berita bahwa ayah dan dua kakaknya itu ditahan di desa Cigrok (sekarang Kenongo Mulyo). “Mas Zubeir dan rombongannya sekitar delapanbelas orang, pada malam Jumat itu, telah dibunuh oleh PKI dan dimasukkan ke dalam sebuah sumur. Karena Mas Zubeir agak sulit dibunuh, maka PKI dengan paksa menceburkannya ke dalam sumur dan menimbunnya dengan batu,” ujar Muthi’.


Pada malam yang sama, ayahnya dan Kiai Bawani serta beberapa tawanan lainnya dibawa ke Takeran. Esoknya, para tawanan ini dipindah lagi ke Pabrik Gula Gorang-gareng lalu dibawa kembali ke Desa Cigrok. Di sebuah sumur tua yang tidak terpakai lagi, KH Imam Shofwan yang saudara kandung KH Soelaiman Affandi itu (pengasuh pesantren Ath-Thohirin, Mojopurno, Magetan) dan Kiai Bawani dibunuh dan dimasukkan ke dalamnya.


Rupanya, ketika dimasukkan ke dalam sumur, KH Imam Shofwan dan Kiai Bawani masih hidup. KH Imam Shofwan bahkan sempat mengumandangkan adzan yang diikuti oleh puteranya. Melihat korbannya masih belum mati di dalam sumur, algojo-algojo PKI tidak peduli. Mereka melempari korban dengan batu lantas menimbunnya dengan jerami dan tanah.


Pada tahun 1963 jenazah para korban kebiadaban PKI yang terkubur di sumur tua Desa Cigrok digali, lalu dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan, Magetan. Jadi sejak tahun 1948 hingga 1963, jenazah para korban PKI masih tertimbun dalam sumur itu.


Menghabisi ulama dan umat Islam memang keinginan kuat PKI, karena ulama dianggap sebagai penghalang berkembangnya ideologi mereka. Komunis sangat anti pada Islam, oleh karena itu jangan dibiarkan bangkit lagi.

Senin, 29 Oktober 2012

Thariq bin Ziyad

Jum'at, 28 Sep 2012

Kisah Ksatria Thariq bin Ziyad Saat Menaklukkan Andalusia

VOA-ISLAM.COM - Andalusia adalah negeri kaum Muslimin yang pernah ditaklukan oleh panglima perang Thariq bin Ziyad. Thariq berasal dari suku Barbar, Afrika yang kemudian memeluk Islam. Entah mungkin untuk mendiskreditkan perjuangan Thariq bin Ziyad, kata-kata Barbar kemudian jika disematkan kemudian berkonotasi negatif, yang berarti tidak beradab, kejam atau kasar.
Negeri Andalusia yang pernah dikuasai kaum Muslimin dan sempat mencapai kegemilangan di bidang ilmu pengetahuan di bawah pemerintahan Islam kini telah dikuasai Nasrani. Oleh sebab itu, Syaikh Abdullah Azzam -rahimahullah- menyinggungnya dalam kitab “An-Nihayah wal Khulashah”:
“Bahkan jihad itu telah menjadi fardlu 'ain bukan saja sejak Rusia memasuki Afghanistan, akan tetapi jihad telah menjadi fardlu 'ain semenjak jatuhnya Andalusia ke tangan orang-orang Nasrani, dan hukumnya belum berubah sampai hari ini.
Dengan demikian jihad telah menjadi fardlu 'ain sejak tahun (1492 M), tatkala Ghornathoh (Granada) jatuh ke tangan orang-orang kafir --- ke tangan orang-orang Nasrani --- sampai hari ini. Dan jihad akan tetap fardlu 'ain sampai kita mengembalikan seluruh wilayah yang dahulu merupakan wilayah Islam, ke tangan kaum muslimin.”
Semoga kisah kegemilangan Thariq bin Ziyad yang dikutip dari kitab “Shuwarun min Hayatil Fatihin” bukan sekedar nostalgia semata, namun bisa menginspirasi dan memotivasi kaum Muslimin untuk berjihad meraih kembali kejayaan Islam.
Thariq bin Ziyad
Sang Penakluk Andalusia
Thariq dilahirkan pada tahun 50 H (670 M), di tengah suku keluarga Berber (Barbar, red.) dari kabilah Nafazah, di Afrika Utara.
Thariq berperawakan tinggi, berkening lebar, dan berkulit putih kemerahan. Dia masuk Islam di tangan seorang komandan muslim bernama Musa bin Nusair, orang yang dikagumi karena kegagahan, kebijaksanaan dan keberanianya.[1]



Jalan Ke Andalusia
Misi ekspansi pasukan Islam ke luar Jazirah Arab bermula di masa Khulafaur Rasyidin, dengan tujuan menyebarluaskan Islam ke seluruh wilayah yang memungkinkan untuk di jangkau pasukan Islam. Maka tercapailah penaklukan atas Syam (Syiria, Palestina, dan sekitarnya), Irak dan Iran (Persia).
Pasukan muslimin juga berangkat menaklukan Mesir di bawah pimpinan panglima ‘Amru ibnul-‘Ash. Mesir saat itu berada di bawah kekuasaan penjajah Romawi (Bizantium). Setelah masuk ke Mesir, mereka menuju ke arah Burqah, lalu sampailah pasukan Islam ke Tripoli (sekarang ibu kota negara Libya-red.) untuk mengepungnya dan mendudukinya.
Pada masa kekhilafahan Usman bin Afaan, pasukan Islam mulai membuka ekspansi ke kawasan Maghribi (Maroko dan sekitarnya), di bawah komandan Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarh. Di dalam pasukan terdapat putra-putra sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam.[2]
Tekad dan semangat mereka semakin kuat setelah berperang melawan pasukan Romawi yang dipimpin Jurjir. Ekspansi itu berlanjut cepat hingga memasuki kota Carthago di pantai Utara Afrika, sebelah utara kota Tunis sekarang. Pasukan Islam di wilayah Ifriqiya ini di pimpin oleh komandan Uqbah bin Nafi’. Ia memiliki wawasan yang luas tentang situasi daerah itu. Selanjutnya ia membangun kota Qairawan (Kairaouan) di Tunisia, untuk mengukuhkan keberadaan Islam di bumi Afrika.
Selanjutnya Uqbah bin Nafi’ dan pasukannya bergerak kearah barat dan selatan dan sampai ke Tangier (Arab: Tanja), sekarang Maroko. Dalam perjalanan pulang ke Qairawan ia dihadang gerombolan suku Berber. Uqbah bin Nafi’ terbunuh bersama tiga ratus tentaranya. Ia dimakamkan di suatu tempat yang sekarang dinamai Sidi Uqbah (Tahuda) di Aljazair sekarang.
Kaum muslim menuntut balas atas kematian Uqbah, dan mereka berhasil membunuh Kasilah, komandan perang Berber. Namun, tindakan balas-membalas itu tidak berkepanjangan, sebab orang Berber sudah merasa puas dengan terbunuhnya Zuhair bin Qais yang membunuh Kasilah. Zuhair gugur di Qadisiyyah (Irak).
Dan pada akhirnya pasukan muslimin berhasil menaklukkan wilayah Ifriqiya di bawah komando Hasan bin an-Nu’man al-Ghassani yang berhasil menceraiberaikan pasukan Berber. Ia juga memorakporandakan pasukan Romawi, dan menang dalam perang melawan pasukan Al-Kahin (Sang Dukun) sesudah menaklukkan Bazrat.
Setelah itu datanglah Musa bin Nushair sebagai pemegang komando utama pasukan muslimin di Afrika. Ia meraih berbagai kemenangan sampai jauh ke barat di tepi samudera, dan kembali ke Qairawan sesudah terbina keamanan dan ketertiban.
Saat itulah seorang komandan Berber bersama pasukannya masuk Islam. Ia sebelumnya dikenal sebagai komandan penjaga di Tangier. Ia adalah Thariq bin Ziyad.
Jalan ke daratan Spanyol terbuka luas setelah Julian, pangeran Spanyol di Ceuta (Sabatah) meminta bantuan Musa bin Nusair untuk menyerang dan menjatuhkan Raja Roderick dari bangsa Visigoth yang berkuasa di Spanyol dari ibu kotanya di Toledo. Julian marah karena Raja Kristen Roderick memperkosa adik perempuannya yang ia titipkan ke Raja untuk bisa memperoleh pendidikan tinggi. Thariq dan Julian pun berkawan dekat.

Menaklukkan Andalusia (Spanyol)
Musa bin Nushair merasa perlu menguji Count (Pangeran) Julian dengan mengirim 500 tentara di bawah komando Tharif ke wilayah yang sampai kini dinamai Tarifa, di ujung paling selatan Spanyol. Orang Arab menamakannya Jazira Tharif (Terifa). Itu terjadi pada tahun91 H.[3]   Tharif membawa misi utama pengintaian kekuatan Kerajaan Bangsa Visigoth, serta penjajakan bagi sebuah operasi militer besar.
Gubernur Musa semakin yakin akan kejujuran Pangeran Julian, setelah Pangeran Ceuta itu juga menyiapkan kapal-kapal yang akan digunakan untuk menyerang Spanyol. Dan setetlah mendapat izin dari Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik di Damaskus, Musa pun memutuskan menyerang Spanyol. Apalagi saat itu Raja Roderick di Toledo sedang menghadapi pemberontakan di bagian utara kerajaannya. Untuk melaksanakan misi besarkannya itu, Musa memilih seorang Berber, Thariq bin Ziyad, sebagai Komandan.
Panglima perang Thariq bin Ziyad bersama 7000 tentara, yang mayoritas berasal dari suku Berber, menyeberang ke Spanyol di tahun 711 M. ia mendarat dekat gunung batu besar yang kelak dinamai dengan namanya, Jabal (gunung) Thariq, Orang Eropa menyebutnya Gilbraltar.
Setelah berhasil menyeberang ke daratan Spanyol, tiba-tiba Thariq mengambil langkah yang hingga sampai kini membuat tercengang para ahli sejarah. Ia membakar perahu-perahu yang digunakan untuk mengangut pasukannya itu. Lalu ia berdiri di hadapan para tentaranya seraya berpidato dengan lantang berwibawa, dan tegas.
Dalam pidatonya yang penuh semangat, panglima Thariq berkata;
“Di mana jalan pulang? Laut berada di belakang kalian. Musuh di hadapan kalian. Sungguh kalian tidak memiliki apa-apa kecuali sikap benar dan sabar. Musuh-musuh kalian sudah siaga di depan dengan persenjataan mereka. Kekuatan mereka besar sekali. Sementara kalian tidak memiliki bekal lain kecuali pedang, dan tidak ada makanan bagi kalian kecuali yang dapat kalian rampas dari tangan musuh-musuh kalian. Sekiranya perang ini berkepanjangan, dan kalian tidak segera dapat mengatasinya, akan sirnalah kekuatan kalian. Akan lenyap rasa gentar mereka terhadap kalian. Oleh karena itu, singkirkanlah sifat hina dari diri kalian dengan sifat terhormat. Kalian harus rela mati. Sungguh saya peringatkan kalian akan situasi yang saya pun berusaha menanggulanginya. Ketahuilah, sekiranya kalian bersabar untuk sedikit menderita, niscaya kalian akan dapat bersenang-senang dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, janganlah kalian merasa kecewa terhadapku, sebab nasib kalian tidak lebih buruk daripada nasibku…”
Selanjutnya ia berteriak kencang: “Perang atau mati!” Pidato yang menggugah itu merasuk ke dalam sanubari seluruh anggota pasukannya.



Dan pada 19 Juli 711 M, pasukan Thariq yang saat itu berjumlah 12000 personil setelah ada tambahan pasukan dari Ifriqiya, berhadapan dengan Raja Roderick dan pasukannya di mulut sungai (Rio) Barbate. Peperangan di bulan Ramadhan itu berlangsung sengit selama delapan hari. Pasukan Roderick pada awalnya sempat unggul, namun kelemahan di sayap kiri dan kanan pasukan mereka berhasil dimanfaatkan oleh pasukan Islam. Dan pasukan Roderick pun terdesak, hingga akhirnya dipukul mundur. Pasukan Islam berhasil meraih kemenangan gemilang. Roderick sendiri menghilang, dan di duga ia tenggelam di Sungai Barbate. Kuda dan sepatunya ditemukan di tepi sungai.
Gubernur Musa bin Nusair lalu mengirim surat kepada Khalifah Al-Walid, melukiskan jalannya peperangan Rio Barbate. “Penaklukan ini berbeda dari penklukan-penaklukan lain. Peristiwa seperti kiamat,” tulisnya.
Kemenangan telak dalam pertempuran di Sungai Barbate itu membentang jalan bagi masuknya Thariq bin Ziyad menuju kota Sevilla yang dijaga oleh benteng-benteng kuat. Tapi sebelum merebut Sevilla, Thariq lebih dulu menaklukkan daerah-daerah lain yang lebih lemah. Sebagian ditaklukkan dengan cara damai, tapi sebagian terpaksa dengan kekerasan karena warga setempat melawan. Mereka bersikap ramah terhadap penduduk yang tidak melawan.
Pasukan Thariq yang sudah lebih besar karena ada tambahan pasukan baru, kini mengarah ke Toledo, ibukota Visigoth (Gotik Barat). Di jalan ke Toledo itu mereka menyapu kota Ecija dimana sempat terjadi perdamaian dan menerima kekuasaan Muslim atas wilayah itu.
Dengan cepat Thariq berusaha menaklukkan sebagian besar tanah Spanyol, yang oleh orang Arab dinamakan Al-Andalus (Andalusia) itu. Ia lalu membagi-bagi pasukannya ke dalam beberapa kelompok. Satu pasukan berhasil merebut Arkidona tanpa perlawanan, dan pasukan lainnya juga dengan mudah merebut kota Elvira dekat Granada. Ia lalu menaklukkan Cordoba dan sebagian wilayah Malaga. Kemudian diteruskan dengan mengepung Granada yang berhasil ditaklukkan dengan jalan kekerasan.
Thariq lalu menuju ibukota Toledo. Di dalam perjalanan dia menyerang kota Murcia dan menghancurkan kerajaannya sampai lumat. Ketika pasukan Islam di Toledo ternyata para pemimpin Gotik telah meninggalkan wilayah itu. Thariq memasukinya dengan mudah. Ketika itu pasukannya didukung pula oleh ksatria-ksatria Kristen lokal yang tak suka kekuasaan Bangsa Gotik Barat di negaranya.
Thariq terus mengejar para pejabat Gotik ke gunung, hingga mendapatkan harta rampasan yang sangat banyak. Harta dan para tawanan dibawa ke Toledo. Di sana para tawanan dipekerjakan untuk membangun kembali kota itu, antara lain dengan membangun 365 tiang terbuat dari batu Zabarjud.
Musa bin Nusair lalu mengirim surat kepada Thariq bin Ziyad, dan memerintahkannya untuk menghentikan gerakan, dan tetap berada di tempat surat itu tiba. Tapi, Thariq malah mengumpulkan para pejabatnya, merundingkan strategi perang.  Semuanya berpendapat melaksanakan perintah Musa akan mempersulit strategi perang mereka. Sebab, sudah terbuka untuk merekrut pasukan asal Toledo dan meraih momentum untuk menyerang lawan yang belum menyadari situasi.



Karena itu Thariq melanjutkan penaklukan seraya merekrut milisi dari warga Toledo yang sudah kalah. Thariq mengabarkan keputusannya ini kepada Musa bin Nushair disertai alasan-lasannya.
Ketika pesan Thariq sampai, Musa langsung berangkat ke Spanyol  pada bulan Juni 712 M dengan membawa 18.000 tentara, kebanyakan orang Arab. Dan seperti yang pernah disepakati dengan Thariq, pasukan Musa bin Nushair segera menuju Sevilla, kota terkuat Spanyol saat itu. Sebelum ke Sevilla pasukan Musa menaklukkan Medina Sidon dan Carmona. Musa mengepung ketat kota Sevilla dan akhirnya berhasil menghancurkan kota pusat kebudayaan Spanyol itu.  Namun kota itu ditinggalkan Musa dalam keadaan kobaran api dan ia melanjutkan perjalanan  ke arah Toledo.
Warga Sevilla tetap tak rela terhadap pendudukan oleh pasukan Muslim di sana. Setelah panglima Musa bin Nushair meninggalkan kota itu, milisi Sevilla kembali beraksi mengobarkan pemberontakan. Mereka dapat membunuh tentara Muslim. Mendengar berita itu, Musa segera mengirim anaknya Abdul Aziz, untuk kembali ke Sevilla. Ia sendiri terus menuju Toledo.
Mendengar kabar akan datangnya panglima utamanya, Musa bin Nushair, Thariq segera keluar ke perbatasan Toledo untuk menyambut Musa. Namun Musa sangat marah kepadanya. Thariq dianggap telah mengabaikan perintahnya untuk menghentikan sementara penaklukkan sampai ia datang ke Spanyol. Begitu marahnya Musa sampai ia memasukkan jendralnya itu ke dalam penjara layaknya seorang penjahat.
Di depan sidang dewan pertahanan, Musa menyatakan memecat Thariq bin Ziyad, dengan tujuan memperbaiki segala sesuatu yang telah dilakukan Thariq. Sekalipun Thariq berupaya menjelaskan bahwa keputusannya itu dilakukan demi kemaslahatan kaum Muslimin dan sudah dimusyawarahkan dengan para penasehat, Musa tetap teguh pada pendiriannya. Ia mengganti Thariq dengan Mughits bin Al-Harits, tapi Mughits menolaknya. Ia segan menjadi komandan di atas Thariq sang pemeberani.
Mughits bahkan bertekad membela Thariq bin Ziyad. Diam-diam dia mengirim kabar kepada Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik tentang situasi yang berkembang.  Al-Walid sangat marah mendengarnya. Ia lalu menyurati Musa dan memerintahkan agar kedudukan Thariq dipulihkan sebagai komandan pasukan. Dan Musa menaati perintah pemimpinnya di Damaskus itu.
Kemudian kedua panglima itu bergerak terus ke utara, hingga berhasil menaklukkan Castilla, Aragon dan Catalonia (Barcelona). Keduanya bahkan sampai ke pegunungan Pyrennes yang menjadi batas antara Spanyon dan Perancis. Sekiranya tidak ada perintah dari Damaskus untuk menghentikan penaklukan, niscaya gerakan mereka berdua tak tertahankan untuk menguasai seluruh benua Eropa.
Perjalanan hidup panglima Thariq bin Ziyad, sang penakluk Spanyol yang agung telah menjadi bagian dari sejarah patriotisme Islam melalui penaklukan Andalusia. [Widad/Miftahul Jannah]

Senin, 22 Oktober 2012

Pertempuran 4 mujahid Jabhah Nushrah menaklukkan gedung Markas Besar Tentara Nasional di Damaskus

Muhib Al-Majdi
Jum'at, 19 Oktober 2012 12:49:13

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Yayasan Media Al-Manarah Al-Baidha' akhirnya merilis video operasi spesial dan heroik menaklukkan Markas Besar Tentara Nasional Suriah di jantung ibukota Damaskus. Video Bidayat An-Nihayah # 2 (Awal berakhirnya [rezim Nushairiyah Suriah] bagian 2) itu diberi judul Ghazwatu Nasfil Arkan (Serangan meluluh lantakkan Gedung Markas Besar Militer) dan berdurasi 31 menit 35 detik.
Markas Besar Tentara Nasional Suriah di jantung ibukota Damaskus adalah salah satu pihak yang paling bertanggung jawab atas semua operasi militer, kepolisian dan intelijen rezim Suriah di seluruh wilayah Suriah. Ia juga tempat mengantornya ratusan perwira militer dan ribuan tentara rezim, tempat merencanakan strategi, teknik dan taktik operasi militer rezim Suriah terhadap revolusi rakyat muslim Suriah. Gedung Markas Besar Tentara Nasional Suriah di jantung ibukota Damaskus dikelilingi oleh sejumlah markas militer, kepolisian dan intelijen yang penting dan strategis.

Survei lapangan terhadap target
Video diawali dengan kegiatan mujahidin Jabhah Nushrah melakukan survey lapangan terhadap target serangan. Gedung Markas Besar Tentara Nasional Suriah di jantung ibukota Damaskus terletak di depan Umayyah Square. Beberapa puluh meter di sebelah kanannya berdiri kokoh gedung Departemen Pertahanan Suriah. Sekitar dua ratusan meter di sebelah tenggara darinya berdiri kokoh gedung Asrama Perwira Militer.
Sekitar seratus meter di sebelah kiri Gedung Markas Besar Tentara Nasional Suriah berdiri tegak gedung stasiun TV Nasional Suriah dan Radio Nasional Suriah, dipisahkan oleh jalan raya. Sekitar dua ratus meter ke arah selatan dari gedung TV dan Radio Nasional berdiri kokoh gedung Markas Keamanan Kriminal. Dan hanya sekitar dua ratus meter di sebelah barat dari gedung Markas Keamanan Kriminal berdiri kokoh gedung markas kesatuan-kesatuan keamanan lainnya.

Latihan militer bagi regu mujahid calon pelaku serangan syahid

Para mujahidin Jabhah Nushrah yang akan melaksanakan serangan terhadap gedung Markas Besar Tentara Nasional Suriah menjalani latihan yang serius dan keras. Latihan fisik di jalanan dan lahan pertanian mereka lahap dengan tekun. Pembinaan iman dan penguatan mental mereka jalani. Pun latihan militer dengan menggunakan beragam senjata, latihan menyerbu ke dalam gedung dan latihan mundur dari medan pertempuran. Video juga mengabadikan persiapan terakhir saat bom dirangkai dan dimasukkan dalam mobil, serta wawancara terhadap para mujahid yang akan melakukan serangan.

Pesan-pesan terakhir para mujahid pelaku serangan
Sebelum berangkat melakukan operasi serangan heroik tersebut, keempat mujahid Jabhah Nushrah menyampaikan wasiat terakhir mereka kepada kaum muslimin dan rezim Nushairiyah Suriah.

1. Abu Mush'ab Asy-Syami dalam wasiat terakhirnya mengatakan:
"Adapun kalian wahai orang-orang Nushariyah, Rafidhah yang pendengki! Kami selamanya tidak akan pernah tinggal diam selama jantung kami masih berdetak, selama darah masih mengalir dalam tubuh kami. Kami tidak akan pernah tinggal diam, kami tidak akan pernah tinggal diam, wahai orang-orang Nushariyah, Rafidhah yang pendengki! Kami telah memutuskan untuk mengajukan permasalahan ini dengan warna baru, yaitu warna darah, dengan air baru, yaitu air kemuliaan, dan dengan tekad orang yang bertekad untuk meraih surga."

2. Abu Hafsh Asy-Syami dalam wasiat terakhirnya berkata:
"Ini adalah pesan saya kepada orang-orang Nushairiyah para pendengki dan milisi Syiah  Shabihah. (Pada waktu-waktu yang lalu) Kami telah mendatangi kalian dengan mobil-mobil penuh bom uuntuk meledakkan isi perut kalian, dengan para sniper untuk mencabut jantung kalian, dan dengan tubuh-tubuh kami untuk memotong-motong anggota badan kalian. Maka tunggulah kami, karena kami akan mendatangi kalian! Demi Allah Yang tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, sesungguhnya kami adalah sebuah umat yang mencintai kematian sebagaimana kalian mencintai kehidupan. Kami tidak berangkat (dalam operasi serangan ini) kecuali untuk menolong agama Islam ini, menegakkan panji Laa Ilaha Illallahu Muhammad Rasulullah dan menerapkan syariat Allah di muka bumi."
Dari atas mobil penuh bahan peledak mujahid yang membawa mobil pertama dan meledakkannya di sisi luar gedung Mabes Tentara Nasional Suriah ini tidak lupa menghasung semangat umat Islam untuk membela Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa salam yang dinistakan oleh film anti-Islam (Innocence of Muslims).
Kepada orang-orang muslim namun tidak membela Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa salam, mujahid ini mengingatkan, "Saya katakan kepada mereka bahwa demi Allah, mereka akan dimintai pertanggung jawaban pada hari kiamat. Maka mereka tidak akan menemukan jawaban untuk mereka sampaikan kepada Allah dan Rasul-Nya, karena Rasulullah telah dihinakan dengan ucapan-ucapan dan karikatur-karikatur, namun mereka tidak bergerak (untuk membela beliau)."

3. Abu Khalid Asy-Syami dalam wasiat terakhirnya berkata:
"Adapun kalian para musuh Allah, hai orang-orang Nushairiyah dan orang-orang Rafidhah yang murtad, atas kalian laknat Allah, malaikat dan seluruh manusia. Bergembiralah kalian dengan kabar buruk yang akan mendatangi kalian! Bergembiralah kalian dengan pembunuhan! Bergembiralah kalian dengan pembunuhan! Bergembiralah kalian dengan pembunuhan! Bergembiralah kalian dengan pembunuhan, pengusiran dan pembalasan! Demi Allah, dalam membunuh kalian, kami tidak takut celaan orang-orang yang mencela. Beritanya bukanlah hal yang akan kalian dengar, melainkan apa yang akan kalian lihat, insya Allah. Ya Allah, berilah kami taufiq dan ketepatan! Ya Allah, berilah kami taufiq dan ketepatan!"

4. Abu Muhannad Asy-Syami dalam wasiat terakhirnya mengatakan:
"Kesyahidan adalah pohon yang ditanam dalam dada seorang mujahid, pohon itu tumbuh dan berkembang dengan matang, sehingga jika telah berbuah dan tiba saatnya untuk memanen, maka Allah akan mengizinkan kepadanya sehingga ia menjadi orang yang syahid dan berbahagia dalam lindungan Ar-Rahman."
Tentang sebab keikut sertaannya dalam operasi serangan ini, ia mengatakan, "Sesungguhnya saya melakukan amalan ini, dengan meletakkan tujuanku adalah meninggikan kalimat Laa Ilaaha Illallahu, Yang Maha Suci, Maha Agung urusan-Nya dan Maha Mulia ketetapan-Nya…demi meninggikan panji Laa Ilaaha Illallahu, membela agama Islam ini, membalaskan derita saudara-saudaraku kaum muslimin yang ditindas dan sebagai balasan atas kejahatan-kejahatan yang berulang kali ditujukan kepada sosok Nabi kita, Muhammad shallallahu 'alaihi wa salam, di berbagai penjuru dunia."

Proses pelaksanaan serangan  
Empat orang mujahid Jabhah Nushrah berhasil menaklukkan Markas Besar Tentara Nasional Suriah di jantung ibukota Damaskus pada Rabu (26/9/2012). Serangan heroik mereka telah mempermalukan militer rezim Nushairiyah Suriah yang didukung oleh para penasehat militer komunis Rusia, pasukan khusus brigade Al-Quds rezim Syiah Iran dan ribuan milisi Syiah Hizbullah Lebanon.
Serangan heroik itu dilakukan dalam dua tahapan:
1. Bom syahid dengan mobil pertama
Pada pagi hari Rabu tanggal 10 Dzulqa'dah 1433 H bertepatan dengan 26 September 2012 M jam 07.00 pagi, sang ksatria pelaku serangan bom syahid, Abu Muhannad Asy-Syami berhasil membawa mobil bermuatan penuh bom ke arah yang sejajar dengan tembok pagar gedung Markas Besar Tentara Nasional dari arah selatan.
Saat ia telah mencapai titik terdekat yang tepat dengan bagian tengah tembok pagar bangunan, ia meledakkan dirinya sehingga mengakibatkan kehancuran hebat di bagian gedung Markas Besar dari arah tersebut. Ledakan berkekuatan dahsyat itu mencapai bagian dalam gedung, menewaskan banyak tentara, melukai banyak tentara lainnya dan menimbulkan kepanikan serta ketakutan luar biasa terhadap tentara yang lolos dari ledakan.
2. Bom mobil kedua dan regu kecil penyerbu ke dalam gedung
Sebuah mobil kedua yang juga penuh bom mengangkut regu penyerbu berkekuatan tiga orang mujahid Jabhah Nushrah pelaku serangan syahid; Abu Hafsh Asy-Syami, Abu Khalid Asy-Syami dan Abu Mush'ab Asy-Syami. Mobil itu meluncur ke pintu gerbang utama Markas Besar Tentara Nasional Suriah. Suasana kacau di kompleks gedung dimanfaatkan oleh ketiga orang tersebut untuk memerintahkan para tentara yang piket di pintu gerbang untuk membuka pintu gerbang.
Para tentara tersebut mengira ketiga orang itu adalah para perwira tinggi yang bertanggung jawab atas keamanan Markas Besar. Mereka meyakini hal itu setelah melihat ketiga orang itu memakai seragam tentara yang sama dengan seragam yang mereka kenakan. Para tentara yang piket segera membuka pintu gerbang, maka mobil dan ketiga mujahid tersebut masuk ke dalam halaman gedung.
Ketiga mujahid itu lantas menembak mati setiap tentara di depan mereka dan mereka mulai menyerbu masuk ke dalam gedung Markas Besar Tentara. Mereka menguasai lantai pertama gedung tersebut, dengan karunia dan pertolongan Allah semata, menembak mati setiap tentara dan perwira yang mereka temui dan kemudian membakar bagian dalam lantai satu gedung. Mereka lantas meledakkan mobil penuh bom yang mereka parkir di pintu gerbang utama dengan remote control dari kejauhan. Akibatnya ledakan keras dan api melahap bagian depan gedung. Kebakaran di bagian depan gedung berlanjut sampai jam 16.00 sore, bahkan setelahnya.
Ketiga mujahid itu kemudian naik ke lantai dua gedung untuk menguasai lantai dua. Mereka menembak mati setiap tentara dan perwira yang mereka temukan, kemudian mereka membakar ruangan lantai dua gedung.
Setelah itu mereka naik ke lantai tiga dan bertahan di lantai paling atas gedung tersebut, setelah mereka menembak mati semua tentara dalam lantai itu dan para tentara yang berjaga di halaman gedung. Mereka mulai menahan gempuran sengit pasukan rezim Bashar Asad yang berbondong-bondong datang sebagai bala bantuan bagi pasukan di Mabes itu.
Ketiga mujahid itu bertahan dalam lantai paling atas gedung dengan menggunakan DShk, roket RPG, senapan mesin dan senapan serbu. Pertempuran sengit berlangsung selama tiga jam penuh, antara sebuah pasukan dengan persenjataan dan amunis lengkap  melawan tiga orang mujahid saja! Ya, hanya empat orang mujahid Jabhah Nushrah saja. Namun sungguh jauh perbedaan antara orang-orang yang berperang di jalan thaghut dan orang-orang yang berperang di jalan Allah ta'ala. Pertempuran itu baru berhenti saat masing-masing mujahid berpulang kepada rahmat Allah, semoga Allah menerima mereka dalam barisan para syuhada'.

Komunikasi komandan mujahidin dengan ketiga mujahid dalam gedung Mabes
Hal baru yang sangat mengesankan dalam video ini adalah komunikasi via HP antara ketiga mujahid yang telah bertempur dan bertahan dalam gedung Mabes dengan komandan mujahidin Jabhah Nushrah yang mengepalai operasi heroik tersebut.
Komandan mujahidin meminta ketiga mujahid dalam gedung Mabes untuk menceritakan setiap perkembangan mereka dalam gedung tersebut. Abu Khalid Asy-Syami mulai menceritakan peristiwa sejak mereka bertiga sampai di pintu gerbang gedung sampai mereka berhasil mencapai lantai tiga gedung.
"Mereka sangat pengecut dan penakut. Begitu kami memerintahkan mereka untuk membuka pintu gerbang, maka tentara yang berjaga langsung membukakan pintu untuk kami. Mobil bisa kami bawa masuk ke halaman gedung dengan mudah, segala puji bagi Allah semata, "kata Abu Khalid Asy-Syami via HP.
Saat mobil yang diparkir di halaman gedung mereka ledakkan dengan remote control dari dalam gedung Mabes dan mereka berhasil membakar ruangan-runganan dan kantor-kantor dalam lantai satu dan dua gedung Mabes, ketiga mujahid itu masih menjalin kontak dan memberitahukan setiap perkembangan kepada komandan mujahidin.
Abu Hafsh Asy-Syami dan Abu Khalid Asy-Syami melaporkan dari dalam gedung bahwa jumlah perwira militer dan tentara yang telah mereka tembak mati di lantai satu, dua dan tiga gedung Mabes berjumlah lebih dari seratus orang. Setiap lantai gedung terdiri dari sekitar 26 ruangan dan kantor. Ketiga mujahid itu membakar semua dokumen dan berkas serta isi setiap ruangan dan kantor. Kebakaran melahap seluruh isi lantai satu, dua dan tiga gedung mabes.
"Ada banyak peta, berkas, dokumen dan program-program. Al-hamdulillah, kami telah membakar semuanya sampai ludes." Lapor Abu Hafsh Asy-Syami via HP.
Ketika ruangan-ruangan dan kantor-kantor di lantai empat mulai mereka bakar, dan baku tembak dengan pasukan rezim Suriah semakin gencar, Abu Mush'ab Asy-Syami mulai memberikan laporan kepada komandan Jabhah Nushrah. Ketiga mujahid itu merasakan pertolongan, ketenangan dan kedamaian dari Allah menghadapi gencarnya hujan peluru pasukan rezim Suriah.
"Wahai syaikh, saya bersumpah dengan nama Allah, kami merasakan ketenangan dan kedamaian. Tidak ada kekhawatiran apapun. Alhamdulillh rabbil 'alamin. Allah meneguhkan kami, wahai syaikh."
"Allahu akbar. Walhamdu lillah. Allahu akbar. Kami berdoa semoga tempat kembali kalian adalah surga bersama para nabi, shiddiqin, syuhada' dan shalihin."jawab komandan via HP.
"Bagaimana suasana pertempuran?" tanya komandan lagi.
"Al-hamdulillah, setiap kali mereka mencoba merangsek maju, kami habisi mereka, "jawab Abu Mush'ab Asy-Syami.
Sebelum kesyahidannya, ketiga mujahid itu sempat ditanya oleh komandan mujahidin Jabhah Nushrah. "Nanti media massa rezim yang batil, rezim Nushairiyah akan menuduh kalian membunuh warga sipil yang tidak berdosa?"
"Demi Allah, wahai syaikh, tidak ada yang kami bunuh selain tentara. Al-hamdulillah kami hanya menembak mati para perwira dan tentara. Al-hamdulillah, kami juga melihat pegawai-pegawai perempuan di gedung yang lain (dalam kompleks Mabes), namun kami tidak menembak mereka sama sekali. Kami tidak membunuh seorang pun dari para pegawai sipil, al-hamdulillah." Jawab Abu Hafsh Asy-Syami.
Tembakan semakin gencar terdengar. Ketiga mujahid lantas memberikan wasiat terakhir mereka kepada kaum muslimin. Kembali tembakan gencar terdengar. Setelah itu komunikasi ketiga mujahid di lantai empat gedung Mabes dengan komandan mujahidin terputus.

Hasil pertempuran
Ketiga mujahidin Jabhah Nushrah di lantai empat gedung Markas Besar akhirnya meraih syahid, insya Allah. Namun rezim Suriah harus mengerahkan ribuan tentara dan terlibat pertempuran dahsyat dengan persenjataan ringan, menengah dan berat untuk merebut kembali gedung tersebut.
Baku tembak telah berlangsung lebih dari tiga jam. Namun ribuan tentara rezim Suriah begitu penakut dan pengecutnya sampai-sampai mereka tidak berani menyerbu ke dalam gedung. Mereka menghujani markas mereka sendiri dengan roket RPG dan senapan mesin berat, sehingga kerusakan gedung tersebut semakin parah. Kobaran api semakin besar membakar ruangan-ruangan dan kantor-kantor dalam gedung.
Suara reporter stasiun TV Syiah Al-Manar yang menyertai ribuan tentara rezim Suriah nampak jelas bergetar karena ketakutan luar biasa. "Kami saat ini berada di lantai tiga gedung, semuanya terbakar. Pasukan telah menaklukklan lantai satu dan dua, dan kini sedang mencoba untuk merebut lantai empat." kata reporter itu.
Dunia internasional mampu melihat bagaimana empat orang mujahid Islam lewat serangan heroik itu mampu mempecundangi kekuatan militer hebat Suriah, Rusia dan Iran di jantung kekuasaan mereka di Damaskus. Sebuah pasukan nasional terpaksa harus mengakui kehebatan tiga orang mujahid yang menduduki gedung Mabes mereka dan memaksa mereka berjuang sangat keras untuk merebutnya kembali. Seakan-akan para mujahid itulah pemilik gedung Mabes empat lantai itu.
***

Sabtu, 20 Oktober 2012

TOKOH


MALIN SULAIMAN

Memanglah bahwa generasi muda sekarang ini harus dapat mengambil pedoman dan pelajaran dari pengalaman orang-orang tua yang telah dapat berbuat menurut kemampuan yang ada padanya. Orang-orang tua itu kini ada yang masih hidup dan ada pula yang telah memenuhi panggilan Tuhan.

Salah seorang dari 10 pendiri Bank Nasional ialah Sulaiman gelar Malin Sulaiman kelahiran Induring, Kewalian Kapau Bukittinggi pada tahun 1887 dan seorang tokoh agama dan ekonomi dimasa hidupnya.

Sebagaimana biasa pada waktu itu yaitu diakhir abad ke 19, Sulaiman bersekolah  pada S.D. 3 tahun yang bernama Sekolah Desa. Dari sini Sulaiman pun melanjutkan pengetahuannya sebagai santri yang belajar pada pelbagai madrasah, sesuai dengan tradisi pada masa itu yaitu pada Madrasah Thawalib Kubang Tungkek Payakumbuh (1920), Ladang Lawas (1922) dan akhirnya Thawalib Paarabek (1923). Setamat dari sini maka pemuda Sulaiman menjadi guru di Surantih dan akhirnya pada tahun 1927 mengajar di surau Inyik Djambek pada madrasah ber klas yang baru dibentuk dan diberi nama Diniyah School bersama almarhum Ali Amran.

Dalam pada itu untuk memajukan kampung halamannya di Kapau, Sulaiman yang sekarang telah resmi bergelar Malin (dari Mualim, guru) mendirikan Madrasah Diniyah Kapau, dan untuk seterusnya memajukan pendidikan didirikannyalah Dana Pendidikan Kapau yang diberi nama Vereeniging Studie Fonds Kapau (V.S.K) pada tahun 1929.

Malin Sulaiman juga berminat di bidang dagang sehingga pada tahun 29 itu juga didirikannyalah sebuah percetakan yang diberi nama Drukkery Baru di Bukittinggi, dimana ia mengarang dan menerbitkan buku-buku seperti Tafsir Djuz Amma dan Ilmu Bumi Indonesia.

Dari pengalaman memimpin percetakan ini, Sulaiman merasakan sekali bahwa kekurangan modal adalah penghambat bagi setiap kemajuan di bidang dagang. Dari itu haruslah ada sebuah Bank yang akan memberikan pertolongan kapital bagi para saudagar dan pengusaha. Maka turutlah beliau dalam gerakan H.S.I Bukittinggi mempelopori berdirinya Abuan Saudagar yang kemudian menjelma menjadi Bank Nasional. Disekitar tahun itu kegiatan Malin Sulaiman memang memuncak sekali, karena ketika itu pulalah beliau bergerak dalam partai politik yang menentang penjajahan yaitu PERMI (Persatuan Muslim Indonesia) yang kontan-kontan berdasarkan Islam dan Kebangsaan serta menuntut Indonesia Merdeka, yang dipimpin oleh tiga orang bekas mahasiswa Mesir yaitu Iljas Jacob, H. Djalaluddin Thaib dan H. Muchtar Luthfi.

Bertahun –tahun Malin Sulaiman meneruskan pelbagai kegiatannya di Bukittinggi, tetapi ketika pada tahun 1934 dan sesudahnya Belanda memukul pergerakan nasional dengan menangkapi para pemimpinnya termasuk ketiga pemimpin PERMI tersebut di atas dan dibuang ke Digul, maka Malin Sulaiman mencari udara baru dengan berhijrah ke Malaysia pada tahun 1937, dimana banyak merantau orang-orang dari kampung Kapau. Barulah pada tahun 1941 menjelang masuknya Jepang ke Indonesia Malin Sulaiman kembali ke tanah air.

Di masa pendudukan Jepang beliau tak berbuat lagi, karena kesehatan yang semakin menurun. Dan pada tahun 1944, beliau menutup mata untuk selama-lamanya tanpa mempunyai kesempatan untuk menyaksikan Indonesia Merdeka yang telah beliau perjuangkan sekian lama. Beliau meninggal dalam usia 57 tahun. Semoga arwah beliau akan mendapat tempat yng mulia di sisi Tuhan. Amin.

Jumat, 19 Oktober 2012

Keajaiban Al Quran (Part. 13 of 14)

Keajaiban Al Quran (Part. 11 of 14)

Keajaiban Al Quran (Part. 10 of 14)

Keajaiban Al Quran (Part. 09 of 14)

Keajaiban Al Quran (Part. 08 of 14)

keajaiban al quran 7 end

keajaiban al quran 6

keajaiban al quran 5

keajaiban al quran 4

keajaiban al quran 3

keajaiban al quran 2

Ke ajaiban Al Qur'an 1

Pelantikan Wali Nagari Kapau

Pelantikan Wali Nagari Kapau, Aminuddin Dt Bagindo Basa, 04 November 1975, Periode 1975-1980

HABIB...






Hari itu Jum’at tanggal 12 Agustus 2011 bertepatan dengan 12 Ramadhan 1432, saya dan jamaah masjid lainnya baru saja selesai melaksanakan shalat Jum’at di masjid Syech Muhammad Yusuf Aur Pakan Kamis Kec.Tilatang Kamang. Setelah berdoa sejenak saya melihat jam menunjukkan pukul 13.00 Wib, firasat saya tidak enak maka langsung saja saya bergegas keluar masjid mengambil motor dan memacunya menuju tempat bersalin (rumah Bidan) yang berjarak tidak sampai satu kilometer dari masjid.

Tidak lama kemudian saya sampai di tempat bersalin, dan ternyata benar isteri saya sudah hampir melahirkan, mungkin bayinya menunggu kedatangan ayahnya. Beberapa saat setelah saya masuk ke dalam ruangan terdengar tangis bayi sejenak namun kemudian berhenti. Meskipun hati agak was-was juga tapi beberapa detik kemudian barulah hati saya menjadi tenang. Alhamdulillah gumam saya dalam hati. Tepat pukul 13.05 Isteri saya selamat melahirkan seorang bayi. Ternyata benar bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki dan sesuai dengan hasil USG sebelumnya. Pada saat mau dilahirkan lehernya kebetulan dililit oleh tali pusar. Kata orang tua-tua kelak anak yang dililit tali pusar ini akan gagah dan tampan. Alhamdulillah bidan yang membantu persalinan bertindak dengan cepat dan profesional.

Saya sangat bersyukur kehadirat Allah Swt, karena keinginan serta harapan kami selama ini dikabulkan-Nya dengan memberikan amanah seorang bayi laki-laki. Karena tiga orang anak kami sebelumnya adalah perempuan. Syukur Alhamdulillah.

Rasa sukacita tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata, baik bayi maupun ibunya sehat wal’afiat dimana telah selamat dalam proses melahirkan secara normal, suatu karunia Allah yang sangat berharga bagi kami sekeluarga.

Bayi yang imut dengan berat 3,8 kg ini kami beri nama Muhammad Habiburrahman dengan panggilan Habib, sebuah nama yang mengandung doa dan pengharapan semoga dicintai oleh Yang Maha Pengasih. Harapan kami sangat besar semoga amanah yang dikaruniai Tuhan ini dapat kami jaga dan pelihara serta akan kami didik dengan sebaik-baiknya.

Hari berganti hari bulan pun berganti bulan, Habib anak kami tumbuh dan berkembang dengan sangat baik, kami dan seluruh keluarga besar menaruh cinta dan kasih sayang yang bersangatan kepadanya. Sebagai sesuatu yang wajar terhadap si bungsu dan satu-satunya anak laki-laki. Perkembangannya sangat membahagiakan, apabila dibandingkan dengan saudara sepupunya Hamidah yang lebih tua duapuluh satu hari, Habib cukup cepat perkembangan berat badannya. Setiap orang selalu menyatakan pujian dan doa semoga kelak menjadi tumpuan harapan kedua orang tuanya. Amin.

Habib adalah ibarat permata yang sangat berharga dalam keluarga kami, dia seolah pelipur dahaga di tanah tandus dan gersang. Teman bermain bagi tiga orang kakak-kakaknya yang semuanya perempuan yaitu Nurul, Sabila dan Rafa. Terutama kakak di atasnya Rafa selalu menjadi teman setianya ketika kakaknya yang lain pergi sekolah, ayah dan ibunya juga pergi mengajar atau ketika neneknya sedang di dapur. Mereka berdua Habib dan Rafa setiap hari bercengkerama dan bercanda sambil menonton televisi. Kakak adik ini begitu saling menyayangi satu sama lain. Ketika bangun pagi-pagi apabila Habib menangis maka dia dibawa ke tempat tidur kakaknya Rafa, maka Habib akan berhenti menangis.

Pada umur 11 bulan Habib sudah mulai pandai berjalan, memanjat-manjat dan sebagainya. Kadang-kadang benda yang ditemuinya dibuangnya ke halaman melalui jendela, mungkin tidak berguna menurut anggapannya. Meskipun belum pandai berbicara dan memanggil ayah dan ibu tapi dia sudah paham bila dicegah memegang atau mengambil sesuatu. Dia sudah mengerti apabila ibu dan ayahnya mau pergi, maka dia sudah berdiri di pintu melambai-lambaikan tangan. Disamping itu dia sangat respek dengan tamu yang datang kemudian mendekat sambil tersenyum manis, berbeda dengan kakaknya Rafa yang justru sebaliknya.

Suatu kali di sore hari ketika saya baru saja selesai memimpin rapat tiba-tiba datang telpon dari isteri saya mengabarkan bahwa Habib sedang demam dan panasnya tinggi, saya masih ingat hari itu Jum’at tanggal 6 Juli 2012. Beberapa saat saja bicara kemudian handphone mati, membuat saya terkejut bukan main. Tanpa berpikir panjang saya segera pamit kemudian langsung pulang dan memacu motor, di dalam perjalanan perasaan saya resah tidak karuan. Sampai di rumah Alhamdulillah panas si Habib mulai turun dan sore itu juga saya langsung pergi meminta obat ke bidan. Padahal besoknya kami berencana akan berangkat ke Padang dengan membawa Habib dan Rafa, karena Isteri saya akan mengikuti PLPG untuk guru sertifikasi selama sepuluh hari. Tapi Alhamdulillah berkat pertolongan Allah Habib sudah berangsur membaik dia tetap dibawa ke Padang. Tapi meskipun demikian di Padang tetap diminta juga obat ke bidan yang ada di sana.

Selama di Padang, saya menjaga si Habib ketika ibunya mengikuti PLPG, tapi syukurlah kesehatannya semakin membaik. Namun sejak pulang dari Padang Habib tidak mau lagi meminum ASI, maka diberikanlah susu bubuk bayi untuk seterusnya dan dia selalu diberi minum susu bubuk bayi merk Lactogen 750 gram, yang dihabiskannya hanya dalam satu minggu saja. meskipun sebelumnya susu ini sekedar membantu dan hanya diberikan ketika ibunya pergi mengajar.

Memasuki bulan September dimana pada bulan ini banyak acara keluarga yang cukup padat, dimulai dengan acara pernikahan dan pesta perkawinan kemenakan/keponakan saya pada tanggal satu dan dua, kemudian acara meminang anak sepupu tanggal 6, selanjutnya rencana kenduri kahwin (keponakan juga) di Malaysia tanggal 30 September. Untuk acara yang terakhir ini saya sudah agak berat untuk berangkat ke Malaysia karena perkiraan saya mungkin ada saudara-saudara lain yang bisa berangkat ke sana, tapi ternyata tidak satu pun yang bisa berangkat sebagai mamak/paman mewakili keluarga dari kampung. Apalagi saya pun baru pulang dari malaysia pada bulan Mei menghadiri kenduri kemenakan yang lain pula.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan bermusyawarah dengan anggota keluarga maka diputuskanlah bahwa saya yang akan berangkat ke Malaysia. Karena keputusan hanya dua, jadi berangkat atau tidak. Menimbang keadaan inilah saya kuatkan diri untuk pergi ke Malaysia. Karena merujuk kepada pepatah Minangkabau yang berbunyi “kaluak paku kacang balimbiang, timpuruang lenggang-lenggangkan, dibawo urang ka saruaso, anak dipangku kamanakan dibimbiang, urang kampuang dipatenggangkan, tenggang nagari jaan binaso”. Artinya adalah: anak (anak kandung) dipangku/digendong sedangkan kemenakan (anak saudara perempuan) dibimbing, berbuat baik dengan orang kampung agar nagari kita aman sentosa. Maksudnya kita tidak boleh membeda-bedakan antara anak dengan kemenakan dalam hal mendidik dan mengurus keperluannya, meskipun kita utamakan anak kandung tapi kemenakan kita bantu juga sepanjang menurut aturan adat yang berlaku.

Keputusan bahwa saya yang akan berangkat mewakili keluarga dari kampung kemudian dikhabarkan kepada keluarga di Malaysia, dimana nantinya saya akan berangkat dengan kapal verry dari Dumai menuju Port Klang Malaysia. Dan saudara di Malaysia pun telah bersedia akan menjemput nantinya ke pelabuhan Klang. Saya sendiri kemudian langsung membeli tiket mobil travel yang akan ditumpangi menuju Kota Dumai. Keberangkatannya adalah pada hari Rabu malam tanggal 26 September 2012.

Rabu malam itu sekitar pukul 20.00 Wib saya sudah siap di rumah menunggu mobil travel yang akan menjemput. Sebagaimana biasa ketika akan berangkat tidak ada sedikitpun firasat dalam diri saya akan terjadi sesuatu nantinya yang tidak diinginkan. Setelah menyalami semua termasuk anak bungsu kesayangan, Habib, saya mencium pipinya beberapa kali yang ketika itu dalam gendongan ibunya. Sebelumnya seingat saya, saya sempat bercanda yang ditujukan kepada Habib. “Habib...ayo gantilah baju Bib kita akan berangkat lagi...”

Mobil travel yang menjemput pun telah sampai dan menunggu di depan di dekat masjid. Setelah pamit dengan mengucap salam saya segera menuju mobil travel sambil menyandang sebuah tas ransel dan menjinjing bungkusan tas asoy /kresek. Singkat cerita, malam itu berangkatlah kami dengan beberapa penumpang lain dengan mobil travel BMW menuju Dumai. Penumpang hanya empat orang karena bangku di barisan belakang mobil APV itu sengaja dikosongkan karena diisi oleh barang-barang penumpang dan kiriman paket. Perjalanan malam itu boleh dikatakan lancar namun sedikit terlambat sampai di Kota Dumai, kira-kira pukul 07 pagi hari Kamis, biasanya mobil travel tiba pukul enam atau setengah tujuh, hal ini disebabkan karena ada beberapa penumpang yang turun di kota Duri.

Setelah mengurus beberapa keperluan berkaitan dengan paspor dan tiket verry melalui agen biro travel, maka pukul 10 pagi saya dan beberapa orang lainnya diantar menuju pelabuhan Dumai. Beberapa saat kemudian langsung antrian untuk cap paspor oleh petugas imigrasi. Kebetulan penumpang lumayan banyak hari itu. Kemudian setelah selesai langsung menuju kapal verry yang sudah menunggu. Tepat jam 11 pagi kapal verry pun mulai bergerak meninggalkan pelabuhan Dumai dengan tujuan pelabuhan Klang di Malaysia. Ketika kapal verry baru saja berjalan membelah laut, perut saya terasa lapar. Tanpa pikir panjang saya langsung membuka nasi bungkus yang sudah dibeli sebelumnya ketika di Dumai dan menyantapnya sampai habis. Beberapa saat kemudian kru kapal pun memberikan makanan berupa mie goreng, kadang-kadang nasi goreng, dan dibungkus kotak gabus kemudian diiringi dengan sebuah air mineral gelas. Dan saya juga memakan mie goreng tersebut.

Kira-kira setengah jam kemudian perasaan saya menjadi tidak enak, perut terasa sakit tapi bukan mau mabuk, begitu pula dengan kepala juga terasa sakit. Keringat bercucuran membasahi badan seperti orang mandi. Rasanya badan tidak kuat lagi melanjutkan perjalanan. Keadaan ini berlangsung hampir setengah jam tapi saya terus menguatkan hati sambil berdoa. Alhamdulillah berangsur-angsur rasa sakit itupun kembali pulih. Selama menempuh perjalanan lebih kurang tiga setengah jam sampailah kapal verry di pelabuhan Klang yang membawa penumpang termasuk saya, tiba di Port Klang kira-kira pukul setengah empat waktu Malaysia.

Turun dari kapal verry, saya sebagaimana juga penumpang lainnya segera bergegas menyusuri jalan berupa koridor yang dibatas kiri kanan, karena akan menghadapi antrian lagi untuk cap paspor. Setelah antrian selama lebih dari setengah jam tibalah giliran saya dan tanpa banyak tanya dari petugas imigrasi Malaysia, saya terus memasukkan tas ke mesin x ray, dan akhirnya selamat keluar dari ruangan imigrasi.

Di luar kantor imigrasi / imigresen saya sudah ditunggu oleh kakak saya Masni yang menjemput dari Kuala Lumpur. Kami langsung menuju loket Kommuter atau kereta api listrik dan segera naik ke atas kommuter yang nampak sangat lengang oleh penumpang. Kami menunggu keberangkatan kommuter hampir setengah jam. Kommuter akhirnya berjalan santai dengan membawa penumpang yang tidak terlalu banyak.

Sementara itu di jorong Dalam Koto, ribuan kilometer jaraknya dari tempat dimana kami naik kommuter, Habib selesai dimandikan ibunya sore itu sekitar pukul 17 Wib dan dipakaikan pula baju kaos lengan panjang dan celana panjang warna biru tua dengan tulisan di depan bajunya “tendangan si madun”. Beberapa saat kemudian Neneknya yang dipanggil Tuo baru pulang dari melayat. Alangkah bahagianya hati Tuo melihat cucu sudah mandi dan memakai pakaian yang bagus. “Wah, sudah bagus ya Habib, cucu tuo..., sayang tuo dulu”, Habib menyodorkan kedua pipinya untuk dicium. Tuo mencium kedua pipi sang cucu dengan penuh kasih sayang.

Ibunya kemudian hendak pergi mencuci ke belakang, maka dibawanyalah Habib ke dalam kamar tuonya, dimana tuonya telah berada dalam kamar dan menutup pintu, tapi Habib menangis, kemudian dia diberi makanan sepotong pias kacang. Tuonya kemudian memanggil kakaknya Nurul untuk menggendong Habib sebentar karena Tuo sedang ganti pakaian. Ketika di dalam gendongan kakaknya tersebut suara Habib terdengar memekik agak keras seperti tersedak. Tuo terkejut dan berfikiran mungkin dia tertelan sesuatu, tapi mulutnya sudah tertutup rapat dan badan sudah lemas, terlihat tangannya masih menggenggam pias kacang.

Melihat keadaan demikian Tuo memanggil ibunya di belakang, ibunya bergegas untuk melihat keadaannya. “Habib.., maafkan ibu sayang, ibu telah salah” ujar ibunya dengan perasaan gelisah. Ibunya segera menelepon bidan Elvia di pakan Kamis dan menceritakan keadaan Habib. Ibuk Bidan segera menyuruh agar diantar langsung ke UGD Puskesmas Pakan Kamis. Segera saja ibunya memanggil kak Sus, yang rumahnya beberapa puluh meter ke depan untuk mengantarkan Habib ke UGD. Ibunya segera menggendong Habib dengan membonceng motor ke puskesmas.

Tiba di Puskesmas, petugas segera memeriksa dan melakukan tindakan medis apakah Habib tertelan sesuatu atau ada sesuatu tersangkut di kerongkongannya, tapi tidak ada dan kakinya pun sudah diangkat ke atas. Petugas medis puskesmas menyarankan untuk segera dibawa ke IGD Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi. Di RSAM juga dilakukan upaya selanjutnya yang ditangani oleh tiga orang dokter. Istri saya menelpon Dr. Anbiar, ahli bedah yang merupakan saudara sepupunya dari pihak ayah, namun rupanya beliau sedang bertugas melakukan pembedahan pasien pula. Manusia berencana sedangkan Allah membuat keputusan, meskipun dokter telah berusaha sesuai dengan ilmunya, Habib tidak tertolong dan dia menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul enam kurang seperempat (17.45) Wib pada hari itu, Kamis tanggal 27 September 2012. Tidak beberapa lama kemudian dokter keluar memberitahukan bahwa Habib telah meninggal dunia.

Saya tidak dapat mengungkapkan bagaimana perasaan seorang ibu mendengar kematian anaknya. Tapi syukurlah pada saat yang bersamaan isteri saya ketemu dengan Ustadz Rajuddin, dan ustadz ini yang berusaha menenangkan dan mengingatkan isteri saya bahwa, anak adalah titipan atau pinjaman dari Allah dan Dia tentu berhak untuk mengambilnya kembali.

Kembali ke perjalanan saya. Perjalanan yang ditempuh dari Port Klang menuju Kuala Lumpur mencapai lebih kurang dua jam karena sering berhenti karena banyaknya stasiun yang dilalui. Kami akhirnya turun di stasiun Putra Kuala Lumpur dimana jam waktu itu telah menunjukkan kira-kira pukul 18.30 waktu Malaysia.

Keluar dari stasiun Putra kami dan kak Masni berjalan kaki menyusuri jejantas atau jembatan penyeberangan menuju stasiun LRT semacam kereta api listrik juga hendak ke hentian/terminal Bas Puduraya, rencananya mau beli tiket ke Kuantan Pahang tempat kemenakan akan melangsungkan pesta perkawinannya. Selama berjalan kaki itu tiba-tiba saya tersedak, terasa sakit sekali ke seluruh dada, untunglah ada air minum di tas ransel dan saya minum air putih itu sampai habis. Lama juga redanya akibat tersedak tersebut sampai kami tiba di stasiun LRT kira-kira sepuluh menit kemudian. Kak Masni terus menuju komputer penjual tiket LRT.

Baru saja menekan tombol layar sentuh dan akan memasukkan uang, nada dering hanphone kak Masni berbunyi. Di layarnya nama Irwan, yaitu kemenakan saya juga anak dari kak Masna. Saya tidak mendengar suara Irwan dari seberang, tapi dari raut wajah kak Masni nampak terkejut “Zul... anak zul yang kecil meninggal...” kata kak Masni kepada saya. Saya mengira pada mulanya anak Zul atau Hafizul yang adalah anak kak Masni ini. Barulah setelah kak Masni menjelaskan bahwa Irwan atau Wan terima telpon dari kampung. “Istri Zul menelpon sambil menangis dari kampung ke Wan, dia meminta supaya Zul balik kampung segera...” ujar kak Masni melanjutkan. Barulah saya tersentak dan percaya, badan saya terasa lunglai tidak berdaya.

Saya kaget bukan kepalang. Ya Allah... ujian apakah yang Engkau timpakan kepada hamba yaa Allah. Agak lama saya termenung seolah tidak percaya dengan berita ini, apa daya saya tidak dapat menelpon langsung karena kartu sim hanphone belum diganti. Hampir saja saya tidak mampu menguasai diri, untunglah Allah masih memberikan kekuatan. Ampunilah hamba ya Allah..Inna Lillahi wa Inna Ilaihi raajiuun....Engkau menitipkan seorang anak kepada kami tapi hanya sebentar ya Allah, sekarang engkau mengambilnya kembali, saya ikhlas ambillah ya Tuhan. Izinkanlah saya bersedih dan menangis tapi bukan menyesali takdir-Mu. Saya tidak mampu melukiskan dengan kata-kata bagaimana perasaan saya waktu itu. Saya setuju saran kak Masni supaya Irwan membeli tiket pesawat melalui internet dan malam itu juga segera kembali ke kampung. Kak Masni memutuskan untuk kembali ke stasiun Putra dan naik kommuter menuju Sungai Buloh, rumah dimana Irwan dan Mak nya tinggal. Dan Irwan akan menjemput ke stasiun Sungai Buloh.

Bagai petir yang menggelegar di siang bolong begitulah kira-kira berita dari kampung yang saya terima. Badan saya terasa lemas dan kaki sangat berat untuk dilangkahkan. Seandainya punya sayap tentulah saat itu juga saya langsung terbang ke kampung. Saya tidak sanggup menahan air mata yang terus mengalir dan menetes ke bumi. Kesedihan yang teramat sangat dan kepedihan yang tak sanggup dituliskan dengan kata-kata. Tapi walau bagaimanapun saya harus memaksakan diri ini untuk tetap kuat karena harus berjalan kaki kembali ke stasiun Putra untuk naik kommuter ke Sungai Buloh sejauh kira-kira 10 menit jalan kaki.

Kemudian datang kabar dari Wan, rupanya tidak ada pesawat yang berangkat malam ke Padang tapi yang ada pagi pukul tujuh dan sampai di padang pukul delapan. Saya hanya pasrah dan tidak mampu lagi berkata-kata. Malam itu saya bermalam di rumah kak Masna, malam yang sangat menyedihkan bagi saya. Hanya semalam di Malaysia. Karena besok pagi sebelum subuh harus segera berangkat ke Bandara KLIA (Kuala Lumpur Internasional Airport).

Semalaman saya sulit untuk tidur, selalu teringat putra semata wayang yang ditinggalkan di kampung sekarang telah dipanggil Tuhan nya menuju Surga. Saya ikhlas dan rela melepasnya pergi tapi kesedihan di dalam hati akan kehilangannya sulit untuk diusir. Air mata mengalir tiada henti, cobaan yang luar biasa yang menimpa saya kali ini. Saya teringat akan baginda Rasulullah SAW ketika putranya Ibrahim meninggal sewaktu berusia enambelas bulan, beliau menangis dan meneteskan air mata, dan tangan beliau menggigil. Sehingga para sahabat berusaha mencegah, “Aku tidak melarang kalian menangis, yang aku larang adalah menangis dengan suara keras” kata beliau kepada sahabat. “apa yang kalian lihat pada diriku sekarang ini adalah karena pengaruh cinta dan kasih di dalam hati, orang yang tidak menaruh kasih sayang, orang lain pun tidak menaruh kasih sayang kepadanya”.

Kami orangtuanya sangat mencintai dan mengasihinya ternyata Allah lebih mencintai dan mengasihi melebihi cinta kami. Mungkin Allah sangat sayang apabila dia hidup lebih lama lagi mungkin dia akan teraniaya oleh kerasnya arus kehidupan dunia yang penuh kepalsuan dan kebohongan ini.

Pagi-pagi Jum’at sebelum subuh kira-kira pukul empat waktu Indonesia, saya yang diantar oleh Wan sudah berangkat dari Sungai Buloh menuju KLIA. Perjalanan ditempuh selama lebih kurang satu jam. Sampai di KLIA sudah masuk waktu subuh dan kami pun shalat subuh berjamaah. Beberapa saat kemudian Setelah cap paspor kami sarapan di ruang tunggu bandara, kemudian kami segera berjalan kaki menuju pesawat Air Asia yang sudah standby, yang waktu itu hujan cukup lebat dan membasahi landasan. Detik detik keberangkatan pesawat ditandai dengan hujan yang sudah reda dan ketika pesawat tinggal landas, matahari sudah mulai menampakkan sinarnya. Lebih kurang pukul 7.50 Wib pesawat landing dengan mulus di landasan udara Bandara Internasional Minangkabau.

Keluar dari bandara saya dan Wan segera naik taksi hendak ke kampung, Alhamdulillah perjalanan cukup lancar sehingga sampai di kampung sesuai dengan target yaitu pukul 10 pagi. Begitu turun dari taksi saya langsung menuju ke dalam rumah yang sudah dipenuhi karib kerabat dan para pelayat. Suasana di dalam rumah sangat ramai tapi hening. Di depan mata saya buah hati sibiran tulang telah terbujur tidak bergerak di tengah rumah. Melihat saya datang mungkin arwahnya berkata “selamat datang ayah, habib menunggu ayah saja lagi...”. Saya berusaha kuat dan rasanya saya sudah cukup kuat dan telah siap menerima semuanya karena ini bukan mimpi tapi kenyataan yang tidak lain harus dihadapi dengan kekuatan iman.

Wajahnya tampak cerah, bagaimana anak yang sedang tidur maka begitulah keadaannya. Saya duduk bersimpuh sambil mencium keningnya berulangkali, saya tak kuasa menahan kesedihan yang teramat sangat. Sambil terisak dan air mata tak kuasa saya bendung. Tapi saya yakin dapat menguasai diri berkat pertolongan Allah. “Habib...ini ayah nak, ayah datang untuk melepas mu nak...” Saya rasa semua orang ikut menangis menyaksikan. Isteri saya berusaha menenangkan, nampaknya dia lebih tabah daripada saya.

Beberapa saat kemudian saya ikut memandikan Habib untuk yang terakhir kalinya di dekat dimana dia sering saya mandikan semasa hidupnya. Proses penyelenggaraan jenazah berlangsung cepat. Setelah dikafani jenazah kemudian dibawa ke masjid untuk dishalatkan, sesuai usulan salah seorang tokoh masyarakat karena dia adalah jenazah bayi yang suci maka tidak perlu ditunggu hingga selesai shalat Jum’at. Jenazah kemudian dibawa ke samping masjid untuk dimakamkan karena disana tanah pekuburan kaum. Proses penyelenggaraan jenazah hingga ke kubur berjalan lancar dan selesai pukul 11 Wib.

Selamat jalan Habib anak ku dan selamat berbahagia karena engkau telah berada di surga dengan pengasuh mu, selama tiga belas bulan lima belas hari kami bersamamu dengan cinta dan kasih sayang kami yang tiada putus-putusnya tercurah untuk mu, kami merelakan dan kami ikhlaskan, semoga ayah dan ibu akan berjumpa dengan mu kelak, nak... di Yaumil Mahsyar. Insya Allah. (20/10/2012)